Jumat, 02 Agustus 2019

Tempat Tempat Liburan Untuk Keluarga Yang Asyik di Sekitaran Jakarta

Menjelang liburan sekolah, biasanya orang tua mulai mencari tempat-tempat untuk berlibur. Yang menjadi masalah, seringkah' libur sekolah tidak diiringi dengan libur kantor. Karena itu, pergi berlibur ke luar kota menjadi hal yang sulit untuk diwujudkan. Jangan bingung, masih banyak alternatif lain. Beberapa tempat liburan yang ada di sekitar Jakarta, pantas untuk Anda coba. Ada “Kampoeng Maen” yang terletak di perumahan Alam Sutra, Serpong. Atau Taman Nasional Gunung Pancar, Sentul. Kebun Wisata Pasir Mukti, Citeureup, serta Villa Apple Gardena, Cipanas. Semuanya merupakan tempat liburan yang mengasyikkan dan bermanfaat untuk keluarga.

KAMPOENG MAEN-ALAM SUTRA SERPONG

Tempat Bermain Penuh Manfaat untuk Anak

Tahap Individual Challenge yang melatih keberanian anak di ‘Kampoeng Maen’
Tahap Individual Challenge yang melatih keberanian anak di ‘Kampoeng Maen’
Di “Kampoeng Maen” yang terletak di perumahan Alam Sutra, Serpong, Tangerang ini, anak-anak diberi kesempatan untuk bermain sambil belajar. Di sini, anak-anak bebas bereksplorasi, mengembangkan kreativitas, melatih sosialisasi dan mengaktualisasikan kemampuan dirinya.

Pada intinya “Kampoeng Maen” merupakan sebuah tempat pelatihan outbound khusus untuk anak-anak. Seperti u-mumnya pelatihan outbound, permainan ini akan lebih mengena jika dilakukan secara berkelompok. 0-leh sebab itu, akan lebih baik pergi bersama saudara atau teman sekolah. Dengan tiket masuk seharga Rp 35 000 per orang, anak-anak dapat menikmati petualangan menarik selama kurang lebih 2 jam.

Program akan diawali dengan ice breaking atau perkenalan. Tahap ini berfungsi mencairkan kekakuan antaranggota kelompok (terutama jika anggota kelompok tidak saling mengenal). Selain itu, tahap ini juga untuk mengenalkan fasilitator atau pendamping kepada anak-anak.
Bersenang-senang sambil belajar sabar di permainan “Pancing Bola”
Bersenang-senang sambil belajar sabar di permainan “Pancing Bola”
Setelah Ice Breaking, dimulailah tahap Fun Games dimana anak dapat mencoba berbagai macam permainan, misalnya pancing bola, pancing bambu, jalan repot, air kelapa dan lain-lain. Semua permainan yang ada di “Kampoeng Maen” ini mempunyai manfaatnya masing-masing. Contohnya: permainan “Pancing Bola”. Di sini, anak-anak diminta memancing bola-bola yang ada di kolam dan meletakkannya di tempat yang sudah disediakan. Lewat permainan ini, kesabaran anak dan syaraf motorik anak akan terlatih dengan baik.

Jenis permainan di tahap Fun Games ini sangatlah variatif. Biasanya, para fasilitator akan menyesuaikan dengan usia para peserta permainan. Hal itu bertujuan agar dapat memberi manfaat yang maksimal. Setelah Fun Games, anak diajak memasuki tahap Individual Challenge. Di tahap ini, anak akan melakukan penitian di atas tali dari ketinggian tertentu.

Sekilas permainan ini terkesan menyeramkan. Tetapi tenang saja. Para fasilitator yang sudah terlatih dengan baik selalu siap menjaga dan menjamin keselamatan setiap peserta. Untuk si anak sendiri, tahap ini termasuk tahapan yang paling sulit. Tetapi banyak sekali manfaatnya. Antara lain untuk melatih keberanian, menumbuhkan rasa percaya diri, belajar menghargai orang lain dan belajar bersikap suportif.

Jika anak merasa lelah dan kehausan, di pinggir-pinggir taman sudah tersedia minuman-minuman segar. Selain itu, anak juga akan diberi makanan kecil. Semua itu sudah termasuk tiket masuk tadi. Selain untuk acara reguler, “Kampoeng Maen” juga ideal jika dijadikan tempat merayakan ulang tahun anak. Bahkan khusus untuk acara u-lang tahun, akan diselenggarakan malam api unggun yang diikuti dengan pembagian hadiah-hadiah permainan.

Jika ingin segera membawa anak dan sanak saudara ke “Kampoeng Maen", usahakan agar datang dalam jumlah yang cukup, yaitu sekitar 6 orang. Tetapi jika datang sendiri pun tidak masalah, di sana anak akan bertemu teman-teman baru yang bukan tidak mungkin justru akan semakin melatih kemampuan sosialisasinya.

TAMAN NASIONAL GUNUNG PANCAR, SENTUL

Terapi Pemandian dan Hutan Khas Indonesia

Air panas mineral di Gunung Pancar dapat menyembuhkan asam urat dan stroke
Air panas mineral di Gunung Pancar dapat menyembuhkan asam urat dan stroke
Salah satu tempat yang bisa menjadi pilihan berlibur bagi keluarga a-dalah Taman Nasional Gunung Pancar yang terletak di sekitar Sentul, Bogor. Daya tarik tempat tersebut berupa pemandian air panas mineral dan suasana hutan pinus serta aneka ragam tanaman khas Indonesia. Dari Jakarta atau Bogor, rute ke sana lebih mudah melalui Tol Jagorawi, kemudian masuk ke Bukit Sentul.

Jasa kendaraan umum pun bisa saja digunakan, namun perjalanannya jadi kurang praktis. Berbeda dengan menggunakan mobil pribadi, setidaknya dapat mengatasi situasi medan di perjalanan, tentu lebih menyenangkan karena dapat menikmati hijaunya hutan dan sejuknya udara perbukitan. Pengunjung baru bisa sampai ke pintu gerbang Gunung Pancar sekitar satu jam dari Sentul. Tiket masuk tidak terlalu mahal - untuk satu orang dikenai Rp 1.000 plus Rp 2.000 untuk kendaraan pribadi.
Gunung Pancar menyediakan tempat pemandian air panas mineral
Gunung Pancar menyediakan tempat pemandian air panas mineral
Dari pintu gerbang taman nasional seluas 100 hektar itu pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 15 menit untuk sampai ke pintu masuk pemandian air panas mineral -sebagai ciri khas dan daya tarik taman nasional tersebut. Pemandian di tempat itu bukan merupakan air belerang seperti pemandian air panas umumnya, melainkan pemandian air panas mineral.

Sebagai bukti air itu mengandung mineral tinggi, salah seorang pengelola Gunung Pancar, Dra H Lies, menghubungkan kabel dengan lampu listrik ke air itu. Ternyata lampu itu langsung menyala. Selain mandi dan berendam, pengunjung dapat pula minum air panas mineral. Isi dan kandungan air panas mineral tersebut dapat menjadi terapi menghancurkan ko-lestrol dalam tubuh, obat stroke maupun penyakit asam urat. ( Baca : Pengobatan Alternatif Daerah Depok Tengah Yang Cukup Ampuh )

“Pengunjung yang datang kebanyakan mereka yang berobat, misalnya untuk menyembuhkan asam urat,” ujar Lies. Diungkapkan pula,air panas mineral itu telah teruji kebenarannya melalui penelitian para pakar. Sejumlah sertifikat internasional hasil penelitian air itu sudah didapat. Hampir setiap hari libur, terutama setiap Sabtu dan Minggu, Gunung Pancar ramai didatangi pengunjung.

Daya tarik Gunung Pancar bukan cuma tempat pemandian air panas. Berbagai tanaman dan hutan khas Indonesia luas membentang hijau di setiap pelosok lokasi. Ratusan bahkan ribuan hutan pinus, pohon gayam, ilalang, pohon pisang, pohon rami, dan sebagainya.

Pemandangan nan asri dan hijau di areal perbukitan itu menjadi penyejuk bagi para pengunjung. Khususnya mereka yang suka olahraga lari, senam, jalan santai, dan lain-lain. Sayangnya, di areal taman nasional yang dibuka untuk umum sejak 1996 itu, tidak terdapat semacam hotel, cottage, ataupun losmen. “Padahal kalau ada, kan e-nak. Kita bisa bermalam, menikmati suasana malam dan pagi hari di sini,” ujar Lita salah seorang pengunjung.

Namun demikian, beberapa rumah makan khas Sunda dan sejumlah kedai kopi tetap ada sebagai ajang santai pengunjung.

KEBUN WISATA PASIR MUKTI, CITEUREUP

Pengobat Rindu Akan Kampung Halaman


Kerinduan kampung halaman mengilhami Lily Turangan membuat kawasan pedesaan sebagai tempat wisata di Kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Semula Lily Turangan hanya menyalurkan hobinya berkebun anggrek pada sebidang tanah di kawasan tersebut. Lambat laun wanita asal Minahasa, Sulawesi Utara ini juga mengembangkan tanaman hias, buah-buahan tropis, kolam ikan, kolam bebek dan sawah. Rekan dan kerabat Lily mulai berdatangan untuk berwisata atau menambah pengetahuan di bidang agrikultur. Akhirnya keluarga Lily menyarankan agar tempat tersebut dijadikan tempat wisata.

April 2002, berdirilah Kebun Wisata Pasir Mukti, agrowisata yang bersifat edukatif. Kebun Wisata Pasirmukti bisa menjadi pilihan tempat berlibur bagi seluruh keluarga. Jarak yang relatif dekat dari kota Jakarta dan pilihan beragam kegiatan yang ditawarkan dapat berguna bagi seluruh keluarga. Dari Jakarta Anda bisa masuk melalui pintu tol Gunung Putri ke arah Pasar Citeu-reup. Atau Anda bisa masuk melalui pintu tol Citeureup-Cibinong menuju Pasar Citeureup. Empat kilo meter dari Pasar Citeureup Anda akan sampai ke lokasi Kebun Wisata Pasir Mukti.
Taman anggrek yang sayang untuk dilewatkan
Taman anggrek yang sayang untuk dilewatkan
Dengan tiket masuk sebesar Rp 10.000,- anda bisa menikmati lahan seluas 50 hektar itu. Anda bisa memilih berbagai lahan untuk belajar a-tau sekedar mencuci mata serta makan bersama keluarga. Saat kedua orangtua bersantai di sawung sawung anak anak bisa bermain atau memberi makan bebek dan ikan. Mereka juga diajar cara menanam tumbuhan dalam pot. Bagi anak-anak, memancing dan menanam padi, serta memanennya bisa menjadi pengalaman yang menarik.

Taman anggrek dan tanaman hias dapat menjadi pilihan bagi penggemar tanaman. Tips perawatan anggrek juga diberikan pada para pengunjung. Anggrek-anggrek tersebut dapat dibeli atau disewa untuk menghias rumah, kantor atau gedung. Kolam pemancingan juga tak kalah menarik untuk dijadikan pilihan. Suasana teduh dan tenang serta kolam yang berisi ikan mas, nila, gurame, dan patin rasanya sayang untuk dilewatkan. Pengunjung bisa langsung menikmati hasil pancingan di sawung-sawung yang ada.

Para penggemar buah juga akan di manjakan dengan berbagai jenis ta naman buah dalam pot (tabulampot) Tersedia pula paket pelatihan agrobis nis dan demo tabulampot bagi pe ngunjung. Selain itu ada kebun buah bukan dalam pot, seperti manggis, durian, rambutan, kelengkeng dll dapat dipetik dalam acara petik buah. Tak kalah seru jika Anda sekeluarga atau rekan sekerja bermain tarik tambang, tangkap belut atau adu tinju di kolam lumpur yang tersedia. Setelah itu Anda dapat mandi dan membersihkan diri di sungai yang jernih.


Jika Anda hendak menginap di akhir pekan, tersedia Pondok Minahasa; rumah panggung Minahasa dengan kenyamanan dan fasilitas lengkap. Teras dengan panorama kebun buah, kebun anggrek memberikan sensasi tersendiri. Pagi harinya Anda bisa ber-fruitwalk, menyusuri kebun buah, sungai dan pematang sawah.

Jika Anda hanya mempunyai waktu satu hari, anda bisa makan bersama keluarga di Resto Baku-dapa yang menyediakan menu khas Minahasa dan makanan nasional. Sambil menikmati hidangan, anda bisa menikmati panorama seluruh Kebun Wisata Pasir Mukti.

Di Kebun Wisata Pasir Mukti, Anda bisa menikmati kebun buah, taman anggrek, sawah, sungai, kolam pancing dan kolam lumpur
Di Kebun Wisata Pasir Mukti, Anda bisa menikmati kebun buah, taman anggrek, sawah, sungai, kolam pancing dan kolam lumpur
Banyak paket ditawarkan selama masa liburan sekolah. Misalnya; Paket Anak Tani, selama 2 hari 1 malam. Anak akan belajar membajak sawah, menanam padi, memetik buah/sayur, ber-fruitwok, memancing, menangkap belut dan memberi makan bebek dan ikan. Atau agro adventure berupa; berkemah dengan api unggun dan wisata agro (meniti pematang sawah, menyisir sungai, menanam padi, dan menangkap ikan). Sambil menunggu anak berlibur sambil belajar tentang lingkungan Anda bisa bernostalgia dengan suasana pedesaaan.

VILLA APEL GARDENA, CIPANAS

Asyiknya Berkaravan Bersama Keluarga

Panorama Villa Apple Gardena, sejuk, nyaman dan asri
Panorama Villa Apple Gardena, sejuk, nyaman dan asri
Untuk masyarakat Jakarta, kawasan Puncak masih tetap menjadi pilihan buat berlibur. Selain pemandangannya indah, udaranya pun masih relatif bersih. Sebenarnya banyak tempat-tempat yang bisa kita kunjungi di daerah itu. Salah satunya adalah Villa Apple Gardena, Cipanas. Sebuah tempat peristirahatan keluarga yang menyediakan fasilitas karavan.

Berdiri diatas areal seluas 250 hektar, Villa Apple Gardena menawarkan aneka macam hiburan. Mulai dari permainan anak-anak sampai orang dewasa. Daerah dengan latar belakang panorama alam yang indah ini menjanjiKan Kenyamanan Dagi seluruh keluarga. Tak sulit mencapai daerah ini. Dari arah Jakarta kita tinggal menuju Puncak dan Cipanas. Tak jauh dari pasar Cipanas, arahkan kendaraan ke sebelah kiri. Tak sampai tiga menit kita sudah sampai di lokasi.
Bersantai ria, ada yang bernyanyi dan berjoget
Bersantai ria, ada yang bernyanyi dan berjoget
Saat memasuki areal tersebut, kita bisa menyaksikan indahnya pemandangan alam. Perumahan berbagai tipe berjejer di sebelah kiri dan kanan jalan yang tertata rapih, rindangnya pepohonan serta gemericik air pancuran berukuran besar sehingga menambah indahnya pesona kawasan tersebut. Sesampainya di lokasi, pengunjung bisa langsung menuju lokasi hiburan yang khusus dibuka pada hari Sabtu dan Minggu. Beragam permainan bisa kita jumpai disana. mulai dari kolam renang air hangat, bemper car, sepeda layang, dan juga tempat pemancingan. Bagi yang ingin bermalam, pihak Villa juga menyediakan beberapa unit Villa di puncakpass untuk disewakan dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, pihak penyelenggara juga menyediakan beberapa karavan untuk disewakan. Karavan merupakan sebuah bangunan berukuran 2,5x7 meter per-segi-berjenis rumah mobil yang berisi 2 kamar tidur plus kamar mandi. Terdapat 10 unit karapan disana. Khusus bagi para pengunjung yang ingin menginap, pihak Villa juga menyediakan peralatan masak-memasak.
Asyiknya berkaravan di Villa Apel Gardena dengan keluarga
Asyiknya berkaravan di Villa Apel Gardena dengan keluarga
Berkaravan bersama keluarga tercinta akan sangat menyenangkan jika di malam hari, ditengah suhu 14 derajat celcius, kita membuat berbagai acara yang meriah. Apalagi pihak pengelola juga memperbolehkan pengunjung untuk menyalakan api unggun ditengah lapangan yang disediakan, tentu hal itu sangat menambah indahnya suasana.

Dengan demikian kebersamaan dan keakraban antaranggota keluarga bisa kita dapatkan di sini. Keesokan harinya, ditengah hawa dingin yang menyengat, serta kabut tebal yang turun dari bukit, kita bisa menghirup udara pagi yang benar-benar bersih. Kita juga bisa berjalan-jalan memandangi bukit yang terhampar luas. Bagi mereka yang hobi mancing, tersedia juga kolam pemancingan.

“Semua fasilitas disini sengaja dibuat dan disediakan bagi para pengunjung. Segalanya ada disini, mulai dari permaian, hiburan dan tempat peristirahatan keluarga. Kalau sedang jalan-jalan ke daerah Puncak, sempatkan waktu datang ke sini bersama seluruh keluarga,” kata Adjat Sudrajat, pengelola kawasan tersebut.



Tempat Tempat Liburan Untuk Keluarga Yang Asyik di Sekitaran Jakarta Diposkan Oleh: Anton