Rabu, 10 Oktober 2018

Mengenal Teknologi bluetooth Dan Beberapa Kemudahan Yang DItawarkannya

Kabel, Infra merah dan gelombang radio menjadi kebutuhan bila gamer ingin menghubungkan beberapa piranti multimedia. Kalau device yang dihubungkan sedikit, tentunya tidak akan timbul masalah. Tapi lain ceritanya bila gamer ingin menghubungkan banyak piranti pada saat yang sama. Kemungkinan suatu saat nanti bila gamer membeli sebuah perangkat elektronik, akan membutuhkan seorang ahli untuk menghubungkannya kedalam jaringan yang berada didalam rumah.

Masalah tersebut bisa diatasi dengan sebuah teknologi yang bernama Bluetooth. Teknologi ini sudah diadopsi oleh beberapa perangkat yang bisa gamer pakai setiap hari. Mulai dari menghubungkan CPU dengan mouse, keyboard dan printer. Hingga menjadi fitur wajib sebuah handphone dengan handsfree bluetooth yang canggih. Dengan Bluetooth gamer bisa bermain game secara multiplayer juga.

Bluetooth


Bluetooth dikembangkan oleh sekelompok produsen elektronik, yang memungkinkan gamer menghubungkan beberapa peralatan. Bisa dari komputer ke ponsel, komputer ke keyboard, ponsel ke wireless Headset. Bluetooth sengaja di ciptakan untuk memudahkan pekerjaan dan menjadi standar baru dalam kegiatan sehari-hari. Ia menggunakan frekuensi gelombang radio sebagai alat untuk menyampaikan data. Kini lebih dari 1000 produk telah mengadopsi teknologi Bluetooth. Dari mulai perusahaan komputer, telepon dan perangkat elektronik lainnya.

Sebenarnya ada alternatif lain selain Bluetooth yang bisa di gunakan. Yaitu dengan menggunakan sebuah piranti yang bisa memancarkan infra merah. Cahaya inframerah berada pada frekuensi yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia. Inframerah umum digunakan pada perangkat televisi. Dengan sebuah perangkat standar yang di kenal dengan IrDA (Infrared Data Association) Gamer bisa menghubungkan beberapa komputer dengan peripheral lainnya.

Penggunaan IrDA terbilang murah, tetapi ada beberapa kelemahan di dalamnya. Pertama, gamer harus mengarahkan remote kontrol pada televisi atau player DVD agar sinyal bisa sampai. Yang kedua, Inframerah  lebih sikenal dengan sebutan teknologi ‘One to one’. Gamer bisa mengirimkan data dari  PC ke laptop, tetapi laptop gamer tidak bisa di hubungkan secara bersamaan dengan PDA. Tapi kelemahan ini bisa menjadi kelebihannya, teknologi ‘one to one’ menjmin pesan yang dikirimkan oleh gamer akan diterima piranti yang dituju. Meskipun didalam ruangan tersebut penuh dengan penerima sinyal inframerah.
KEUNGGULAN BLUETOOTH


Alternatif kedua adalah sinkronisasi kabel, teknologi yang paling ribet dari inframerah. Bila gamer memiliki sebuah perangkat window CE atau Pocket PC gamer pasti mengetahui perihal sinkronisasi data. Dengan sinkronisasi, gamer akan melakukan attach dari PDA ke komputer biasanya sih dengan bantuan kabel. Kemudian setelah menekan tombol gamer harus memastikan apakah data yang berada pada PDA memiliki harga yang terjangkau, tapi karena prosesnya rumit banyak orang yang kurang senang terhadap teknologi ini.

Fitur Dan KEUNGGULAN BLUETOOTH

bluetooth hadir untuk mengatasi maslah yang timbul dari teknologi inframerah dan system kabel Synchronizing pada PDA atau Pocket PC. Beberapa vendor Hardware seperti Siemens, Intel, Toshiba, Motorola, dan Ericcson telah mengembangkan Spesifikasi sendiri berupa modul radio mungil yang bisa dipadukan dengan komputer, telepon dan piranti hiburan yang lainnya. Ada 3 keunggulan yang coba ditawarkan oleh Bluetooth:


  • Wireless. Alias tanpa kabel, untuk main game dengan sesama N-gage cukup ‘pairing’dan gamer bisa main secara multiplayer.
  • Cukup terjangkau
  • Mudah digunakan, gamer tidak memerlukan apapun untuk mengaktifkan fungsi Bluetooth. Perangkat Bluetooth secara otomatis akan mencari peripheral lain yang menggunakan Bluetooth

Mengapa disebut Bluetooth?

Apakah pengertian bluetooth itu ? Bluetooth diambil dari nama seorang raja Denmark yang hidup di akhir tahun 900 M. Ia bernama Harald Bluetooth. Ambisinya adalah menyatukan Denmark dan sebagian Norwegia dalam satu kerajaan. Untuk mengenang orang tunya ia membangun monumen Jelling Rune Stone. Dia terbunuh pada thun 986 dalam sebuah peperangan. Pengembang sengaja mengambil nama tersebut mengingat pabrikan komunikasi terkemuka berada didaerah Baltic yaitu Denmark, Swedia, Norwegia dan Firlandia.

Bluetooth pada Konsol

Hingga saat ini memang belum ada konsol yang telah memanpaatkan teknologi Bluetooth. Kemungkinan besar mungkin dihadirkan  pada konsol next gen berikutnya. Disisi lain, game handheld justru mengandalkan teknologi ini untuk memunculkan fitur multiplayer. Di adopsi oleh  N-GAGE, yang cukup sukses menggunakan Bluetooth. Pada N-GAGE gamer bisa melakukan “pairing” dengan User N-GAGE lainnya dengan mudah. Maslah akan timbul bila gamer main multiplayer di tempat yang agak ramai. Karena biasanya di tempat-tempat seperti itu, banyak orang yang memilki device dengan perangkat Bluetooth. Alhasil gamer akan mengalami kesulitan ketika melakukan pairing.

Sayang dua pesaing lainnya tidak menggunakan teknologi Bluetooth. Sony PSP mengandalkan IrDa dan USB interface. Sedangkan Nintendo Ds memanfaatkan koneksi wireless yang standart. Mungkin hingga saat ini Bluetooth belum bisa diterima oleh pabrikan-pabrikan konsol. Untuk maslah ini jelas handheld yang memiliki fitur Bluetooth akan lebih unggul dalam masalah konektivitas.

Untuk fitur lain penilaiannya jelas kan beda. Kesimpulannya, Bluetooth adalah standar baru dalam urusan “hubung-menghubungkan” yamg memang memiliki sisi positif yangcukup banyak. Bila waktunya tiba, tidak menuntut kemungkinan kita dapat melihat fitur ini pada Xbox2, atau Ps3.

https://techspirited.com/advantages-disadvantages-of-bluetooth-technology
https://mbd-tech.com/bluetooth-technology-what-exactly-is-it/

Mengenal Teknologi bluetooth Dan Beberapa Kemudahan Yang DItawarkannya Diposkan Oleh: Anton