Rabu, 23 Oktober 2019

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar

Dalam kondisi perekonomian kita seperti sekarang ini, memperoleh pekerjaan merupakan hal yang tidak mudah.

Menyikapi keadaan seperti ini, maka langkah pertama untuk memperoleh pekerjaan ialah membuat surat lamaran yang baik. Dengan surat lamaran yang baik, kita dapat menginformasikan mengenai diri kita dengan baik sehingga perusahaan yang dituju mengetahui kelebihan-kelebihan kita.

Surat Lamaran Kerja

Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik? Paling tidak, terdapat 7 hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja yang baik, antara lain:

1. LENGKAPI PERSYARATAN YANG DIMINTA

Ketika membuka lowongan pekerjaan, perusahaan biasanya mencantumkan persyaratan bagi pelamar. Karena itu ketika membuat lamaran, pastikan semua persyaratan yang diminta perusahaan telah Anda lampirkan, misalnya fotocopy ijazah, KTP, foto, dan lain sebagainya. Jangan sampai persyatanan itu ada yang tertinggal, sebab bila hal itu sampai-terjadi, kemungkinan lamaran Anda tidak akan diproses lebih lanjut.

2. BERIKAN INFORMASI SINGKAT TETAPI JELAS

Dalam surat lamaran berikan informasi singkat namun lengkap, simple dan jelas, mengenai pendidikan, daftar riwayat hidup, pengalaman kerja dan kegiatan Anda yang lain yang berhubungan dengan jabatan yang Anda inginkan. Jangan memberikan informasi yang bertele-tele, hal itu bisa menyebabkan informasi yang Anda sampaikan tidak jelas.

3. PERGUNAKAN KERTAS UKURAN STANDAR

Dalam membuat surat lamaran pergunakan kertas standar, biasanya ukuran A4 atau kuarto, dan berwarna putih, jangan menggunakan kertas warna. Pakailah kertas biasa, kecuali untuk posisi tertentu Anda dapat menggunakan kertas yang lebih mahal. Sebaiknya pergunakan tinta hitam.

4. TUNJUKKAN ANDA ADALAH ORANG PALING TEPAT UNTUK LOWONGAN ITU

Dalam membuat lamaran, tunjukkan bahwa Anda merupakan orang yang tepat untuk mengisi lowong tersebut. Karena itu, informasikan secara lengkap pengalaman-pengalaman Anda yang berkaitan dengan posisi yang Anda tuju. Meski demikian, dalam menyampaikan informasi tentang pengalaman Anda, jangan sampai terkesan Anda angkuh.

5. GUNAKAN KALIMAT YANG SOPAN

Dalam membuat lamaran, pergunakan kalimat yang sopan. Hal ini penting, sebab dengan kalimat yang sopan, pihak penyelenggara juga akan menghormati Anda.

6. GUNAKAN EJAAN YANG BENAR.

Gunakan ejaan yang benar ketika membuat lamaran kerja. Jangan lupa mengecek kembali ejaan, tulisan atau istilah yang kurang tepat. Kesalahan sekecil apapun akan menunjukkan bahwa Anda kurang profesional.

7. BERIKAN ALAMAT YANG MUDAH DIHUBUNGI

Berikan alamat tempat tinggal, e-mail atau nomor telepon Anda yang mudah dihubungi. Hal ini untuk menghindari keterlambatan penyampaian panggilan wawancara bila Anda lolos dalam seleksi tahap pertama

Surat lamaran pekerjaan, juga dikenal sebagai surat lamaran, harus dikirim atau diunggah dengan resume Anda saat melamar pekerjaan. Sementara resume Anda menawarkan riwayat pengalaman kerja Anda dan garis besar keterampilan dan prestasi Anda, surat lamaran pekerjaan yang Anda kirim ke perusahaan menjelaskan mengapa Anda memenuhi syarat untuk posisi itu dan harus dipilih untuk wawancara.

Kami menyarankan agar anda menulis surat lamaran pekerjaan yang mengidentifikasi bidang pekerjaan tertentu, rangkum kualifikasi Anda untuk pekerjaan itu, rujuk ke resume terlampir, dan minta langkah selanjutnya dari proses lamaran, biasanya wawancara.

Struktur Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Bagian bagian surat lamaran pekerjaan biasanya hanya berisi satu halaman dan terdiri dari tiga bagian Penting:
  1. Hal depan atau Pendahuluan. Nyatakan bahwa Anda melamar jabatan atau bidang pekerjaan tertentu. Sebutkan juga orang yang merujuk Anda atau memberi tahu Anda tentang pekerjaan itu. Jika Anda mengetahui pekerjaan itu dari sebuah iklan, sebutkan itu.
  2. Body Atau Isi Lamaran. Jelaskan secara spesifik mengapa Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan itu. Jelaskan pendidikan dan pengalaman kerja dan kegiatan lain yang menampilkan bakat yang relevan, seperti keahlian berbahasa asing dan pengalaman kepemimpinan atau pengawasan.
  3. Penutup. Rujuk ke resume Anda dan nyatakan keinginan Anda untuk wawancara, nyatakan kapan dan di mana Anda akan tersedia untuk itu. Selain itu, undang pertanyaan lebih lanjut, dan nyatakan bagaimana Anda dapat dihubungi.

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar Diposkan Oleh: Anton