Selasa, 22 Oktober 2019

Cara Mencegah Penyakit Cepat Lupa ( dementia ) pada usia muda

"Papa lupa ulang tahunku? Papa tega!" Itu bukan sekedar naskah telenovela. Kata-kata itulah yang terngiang dalam benak pria berumur 45 th itu, saat dia lupa hari istimewa istrinya. Dia merasa bersalah melihat wajah istrinya yang sedih, marah dan kecewa. Merasa belum terlalu tua, tetapi sudah sering lupa, membuatnya cemas. Apakah dia mulai terserang penyakit lupa atau dalam bahasa medis disebut dementia

Gejala Pikun
dementia adalah istilah umum untuk penyakit dan kondisi yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan bahasa, Kemampuan Memecahkan Suatu Masalah, dan keterampilan berpikir lainnya yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Penyakit pikun yang sering menyerang para manula adalah salah satu contohnya. Alzheimer adalah penyebab paling umum dari dementia https://www.alz.org/alzheimers-dementia/what-is-dementia

Penyebab Dementia 

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi organ-organ tubuh semakin menurun. Serabut saraf dalam otak semakin lama semakin berkurang. Padahal, serabut otak itu berfungsi sebagai penghantar nutrisi ke otak. Kalau otak dibiarkan tidak mendapatkan nutrisi terus menerus, akan mengganggu kinerja otak secara keseluruhan. Daya ingat menjadi menurun, terutama pada informasi yang baru saja diterima. Jika terus dibiarkan, akan semakin parah dan akan berlanjut ke perilaku. Kondisi ini umumnya dialami oleh orang yang berusia lanjut.

Selain usia, banyak hal lain yang bisa mempengaruhi menurunkan kualitas daya ingat kita, antara lain banyaknya polusi yang ada di kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Medan. Di Jakarta saja, polusinya sudah mencapai 1,3 mikrogram/m3 , padahal menurut World Health Organization (WHO), batas maksimum dari dari polusi itu adalah antara 0,5 sampai 1,0 mikrogram/m3. Polusi menyebabkan IQ (Intelligence Quotient) pada anak-anak dibawah 10 th menurun (penelitian dari The State Ministry of Environment, th. 1994) Bayangkan, bagaimana pengaruhnya terhadap daya ingat kita di kala tua.

Pada usia lanjut, resiko terjadinya dementia meningkat dua kali lipat setiap pertambahan umur lima tahun. Dan jika seseorang sudah mulai menunjukkan gejala dementia, seiring dengan bertambah parahnya gangguan tersebut, masalah lain juga timbul. Seperti mulai sering curiga, temperamen tinggi, tidak mau menerima kenyataan kalau pada dirinya terdapat gangguan dsb.

Cara mudah mengembalikan kinerja otak Anda

1. Hidup sehat dan teratur.
Dengan cara makan makanan sehat dan hidup selalu terjadwal. Dengan gaya hidup yang tetap, kecil kemungkinan akan lupa.
2. Sering melatih otak/daya pikir.
Misal dengan cara sering membaca dan mengisi teka teki silang.
3. Cukup tidur.
Biarkan otak Anda beristirahat, supaya dapat beraktivitas secara optimal pada keesokan harinya.
4. Olah raga secara teratur.
Supaya aliran darah menjadi lancar, termasuk aliran darah ke otak.

Selain kegiatan-kegiatan di atas, mempertajam daya ingat juga bisa dilakukan dengan bantuan tumbuhan dari Cina yang diberi nama Ginkgo Biloba. Tanaman ini sudah ditemukan sekitar 200 juta tahun yang lalu dan sering sekali digunakan untuk ramuan obat-obatan, khususnya yang berkaitan dengan berkurangnya daya ingat. Selain itu, Ginkgo Biloba juga berkhasiat sebagai antioksidan, meningkatkan absorsi dan memperlancar sirkulasi darah ke otak.

Senang rasanya melihat istri bahagia dan selalu merasa dicintai setiap saat. Resep yang ampuh supaya perkawinan tidak jadi hal yang runyam adalah jangan pernah lupakan hari istimewanya. Pertajam ingatan Anda dan dapatkan indahnya perkawinan sepanjang masa.

Cara Mencegah Penyakit Cepat Lupa ( dementia ) pada usia muda Diposkan Oleh: Anton