Kamis, 24 Oktober 2019

Cara Praktis Mencegah Kekurangan Zat Besi Dan Anemia Dengan Suplemen Tambahan

Wanita dewasa sering kekurangan zat besi. Hai ini sangat berbahaya, karena menyebabkan wanita dewasa terkena anemia. Untuk mencegah kekurangan zat besi, wanita dewasa disarankan mengkonsumsi zat besi tambahan.

Menstruasi merupakan peristiwa siklik yang akan dialami semua wanita dewasa. Meski sifatnya alami, kenyataannya banyak wanita usia dewasa menjadi kekurangan zat besi akibat proses ini. Hal ini disebabkan banyaknya zat besi yang hilang bersamaan dengan banyaknya darah yang keluar selama menstruasi berlangsung tiap bulan.

Kekurangan Zat Besi


Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh Anda kekurangan cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh Anda. Terkena anemia dapat membuat Anda merasa cepat lelah dan lemah. Anemia adalah kondisi medis di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin kurang dari normal. Tingkat normal hemoglobin umumnya berbeda pada pria dan wanita. Untuk pria, kadar hemoglobin normal biasanya didefinisikan sebagai kadar lebih dari 13,5 gram / 100 ml, dan pada wanita sebagai hemoglobin lebih dari 12,0 gram / 100 ml. Definisi ini dapat sedikit berbeda tergantung pada sumber dan referensi laboratorium yang digunakan

Ada banyak Jenis anemia, masing-masing dengan penyebabnya sendiri. Anemia bisa bersifat sementara atau jangka panjang, dan bisa berkisar dari ringan hingga berat. Kami Sarankan Agar AndaTemui dokter Anda jika Anda curiga Anda menderita anemia. Ini bisa menjadi tanda peringatan penyakit serius.

Jika Anda menderita anemia, darah Anda tidak membawa oksigen yang cukup ke seluruh tubuh Anda. Penyebab paling umum dari anemia adalah tidak memiliki cukup zat besi. Tubuh Anda membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin. Hemoglobin adalah protein kaya zat besi yang memberi warna merah pada darah. Hemoglobin Inilah yang akan membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Penyebab Umum Anemia

Anemia memiliki tiga penyebab utama: kehilangan darah, kurangnya produksi sel darah merah, dan tingkat kerusakan sel darah merah yang tinggi.

Zat besi merupakan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Kekurangan zat besi pada tubuh wanita dewasa sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan anemia (kekurangan darah). Mengapa bisa demikian? Zat besi digunakan oleh tubuh untuk memproduksi haemoglobin. Bila zat besi dalam tubuh berkurang, maka produksi haemoglobin akan berkurang pula. Kadar haemoglobin yang rendah, kurang dari 12 Gr % pada wanita dewasa disebut sebagai anemia. Menurut data, 40 % wanita dewasa di Indonesia menderita anemia akibat kekurangan zat besi.

Wanita yang menderita anemia kurang zat besi biasanya ditandai mudah lelah, letih, lesu, muka pucat, sering kesemutan, mata berkunang-kunang, dan semangat kerja menurun.

Bagi wanita yang menuntut penampilan prima, anemia kurang zat besi tentu merupakan masalah yang tidak sederhana. Karenanya, anemia kurang zat besi perlu dicegah, dan bila memang sudah terlanjur menderita, perlu segera diatasi.

TUBUH PERLU TAMBAHAN ZAT BESI

Untuk mencegah anemia kurang zat besi, setiap wanita dewasa dianjurkan makan makanan yang kaya akan zat gizi serta banyak mengandung zat besi, seperti daging, ati, kedelai, kacang merah, dan telur. Juga disarankan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran , terutama sayuran yang berwarna hijau. Olah raga rutin serta istirahat yang cukup pun banyak membantu mencegah anemia.

Cara praktis mencegah kekurangan zat besi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi zat besi tambahan, seperti Sangobion bila perlu. Sehari satu kapsul sudah mencukupi kebutuhan tubuh akan zat besi.

Jika kebutuhan tubuh akan zat besi terpenuhi, wanita dewasa akan terbebas dari anemia kekurangan zat besi sehingga mereka tetap segar, bugar, dan tetap produktif.


Cara Praktis Mencegah Kekurangan Zat Besi Dan Anemia Dengan Suplemen Tambahan Diposkan Oleh: Anton