Kamis, 10 Oktober 2019

Jatuh Cinta Dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Sexual

Apakah yang terjadi pada tubuh Anda apabila Anda sedang merasakan ciri ciri orang jatuh cinta? Dapatkah obat-obatan memacu dorongan seksual?

Suatu waktu anda sedang merasakan tanda tanda jatuh cinta. Apakah yang mendorong timbulnya perasaan cinta pada diri anda?disaat lain Anda merasa lebih sexy dibandingkan hari-hari kemarin. Apakah yang menyebabkan?

Falling_in_love


Dan mengapa perhatian kecil seperti misalnya kekasih mengirim Anda bunga mawar, akan membuat Anda merasa bergelora dalam sekejap?

Untuk mengerti mengapa kita menjadi demikian, kita perlu mempelajari dorongan gairah seksual itu sendiri. Jika seorang wanita mendapat perhatian dari laki-laki, suatu rangkaian perubahan akan terjadi dalam reaksi kimia dalam otak, demikian kata Timothy Perper Ph.D, ahli biologi dan pengarang Sex Signal: The Biology of Love. Tak seorang pun yang tahu persis perubahan tersebut, Tapi para ahli tau perubahan itu ada. Ini masih dalam penelitian.

Rasa seksual akan timbul pada laki-laki terutama melalui pandangan mata, bagaimana seorang wanita terlihat oleh dirinya. Untuk wanita, proses daya tarik itu lebih luas lagi. Bisa karena penampilan laki-laki tersebut, bisa suaranya, baunya, sentuhannya. Beberapa perubahan fisik akan di alami oleh wanita apabila timbul birahinya, misalnya keluarnya cairan dari organ kewanitaan dan rasa menggelembung pada daerah pelvic. Sementara itu puting payudara akan menjadi tegang dan buah dada akan membesar.

Menarik sekali bahwa manusia adalah satu-satunya mamalia yang mempunyai kemampuan untuk timbul birahi setiap saat. Berbeda pada mamalia lainnya, dorongan seks itu akan terjadi (baik untuk betina maupun jantan) apabila si betina sedang berovulasi.

Telah diketahui pula bahwa nenek moyang kita dahulu menandai puncak kegairahan seksual pada pertengahan siklus haid. Tetapi sekarang pengertian itu sudah berubah. setelah evolusi bertahun-tahun, faktor hormonal yang menjadi penyebab puncak kegairahan seksual itu telah berganti. Penyebabnya kini adalah faktor sosial dan kejiwaan.

Obat-obatan mempengaruhi tingkat seksualitas?

beberapa penelitian menunjukan bahwa perubahan hormonal yang dianggap hanya berlaku bagi nenek moyang kita dahulu, teryata tetap memegang peranan dalam dorongan seksual seseorang.

Contohnya saja, beberapa wanita lebih sering mengalami khayalan dan dorongan seksual pada pertengahan siklus bulanannya. Sebetulnya perasaan ini ada kaitannya dengan meningkatnya produksi estrogen tatkala tubuh siap untuk evolusi. Beberapa wanita malah mengatakan bahwa gairah seksualnya hilang beberapa hari setelah evolusi. Ketika produksi hormon progesteron meningkat.

Penelitian lain menunjukan bahwa beberapa wanita mengalami kenaikan dorongan seksual justru tepat sebelum dan setelah haid selesai. Hal ini dapat terjadi karena produksi karena produksi hormon estrogen meningkat, yakni horemon yang disebut “hormon pria”. Androgen tampaknya mendesak kadar serotonin dalam tubuh, yakni zat kimia yang terdapat pada susunan saraf pusat. Dan kadar serotonin yang rendah sering dikaitkan dengan meningkatnya dorongan seksual.

Bagaimana dengan obat-obatan? Di pasaran sering kali di jual obat-obatan yang katanya akan meningkatkan dorongan seksual seseorang.

Aphrodisiacs adalah suatu bahan yang dianggap oleh penjual dapat meningkatkan dorongan seksual seseorang. Sebetulnya tukang obat telah mengelabui pembeli dengan bahan tersebut.

Akhir-akhir ini para peneliti menemukan bahwa ada obat yang dapat meningkatkan maupun menurunkan dorongan seksual. Sebagai contoh pil KB. Laporan yang dibuat Prof. David B. Adams dari bagian psikologi Unipersitas Middletown Connecticut, menyebutkan bahwa mereka yang memakai pil KB dorongan seksualnya merata dalam sebulan. Sedangkan mereka yang tidak minum pil KB, dorongan seksualnya akan meningkat pada pertengahan siklus.

Yang bisa mempengaruhi dorongan seksual seseorang adalah alkohol. Sebenarnya alkohol tidak meningkatkan sexual sensitivity pada wanita. Tapi ia menekan hambatan-hambatan yang ada sehingga membuat seseorang lebih terbuka akan seks.

Selanjutnya mereka yang suka minum cocain mengatakan bahwa obat ini punya pengaruh dalam meningkatkan keinginan seksual. Namun orang yang menggunakan cocain terlalu lama, justru sebaliknya. Ia harus menaikkan jumlah penggunaan cocain untuk tetap mempertahankan gairah seksnya.

Sementara faktor biologis dan kimiawi mempunyai peran penting dalam kegairahan seks, maka yang paling juga berarti adalah faktor kejiwaan. Terlalu banyak tekanan dalam kehidupan seseorang, akan mempengaruhi kenikmatan seksualnya.

“Jika anda cemas, banyak pikiran, Anda tidak bisa berkonsentrasi untuk menikmati rasa senang. Mempercayai dan mencintai partner Anda juga penting dalam meningkatkan kegairahan seks. Bersama-sama dengan orang yang mencintai anda, yang Anda percayai serta cintai, membuat Anda lebih mudah menikmati semua perasaan yang Anda alami”.

Jatuh Cinta Dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Sexual Diposkan Oleh: Anton