Cara Menghemat Baterai HP - Tips dan Trik

Saat ini hampir semua orang memiliki smartphone. Dan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan saat menggunakan smartphone adalah cara menghemat baterai hp. Lagi pula, tidak ada yang ingin smartphone mereka mati di tengah hari. 

Banyak sekali orang yang mengeluhkan akan baterai hp yang cepat habis. Padahal bagi sebagian orang, hp adalah barang yang sangat penting dan sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, bagaimana cara menghemat baterai hp agar tidak cepat habis?

cara menghemat baterai iphone

Tidak perlu khawatir, sekarang sudah ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menghemat baterai hp agar tetap awet dan tahan lama. Salah satunya adalah dengan mengubah beberapa pengaturan pada hp Anda.:

  1. Pertama, Anda bisa mengubah pengaturan tampilan pada hp Anda. Misalnya, Anda dapat mengatur agar hp selalu berada dalam mode gelap atau night mode. Hal ini akan sangat membantu dalam menghemat baterai karena hp tidak perlu terus-menerus memancarkan cahaya yang menyebabkan baterai cepat habis. Selain itu, Anda juga bisa mengatur agar hp tidak selalu terhubung ke internet. Apabila hp Anda selalu terhubung ke internet, maka akan ada banyak aplikasi yang terus berjalan dan menyebabkan baterai cepat habis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya menghubungkan hp ke internet ketika Anda memang sedang menggunakannya.
  2. Kedua, Anda juga bisa menghemat baterai hp dengan cara mematikan fitur-fitur yang tidak perlu selalu aktif. Salah satunya adalah fitur Bluetooth. Fitur ini seringkali terus aktif meskipun tidak digunakan sehingga menyebabkan baterai hp cepat habis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya mengaktifkan fitur Bluetooth ketika Anda memang sedang menggunakannya. Selain itu, Anda juga bisa mematikan fitur GPS ketika tidak digunakan. Fitur GPS seringkali terus aktif meskipun tidak digunakan sehingga menyebabkan baterai hp cepat habis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya mengaktifkan fitur GPS ketika Anda memang sedang menggunakannya.
  3. Ketiga, Anda juga bisa menghemat baterai hp dengan cara mengatur agar aplikasi yang tidak perlu selalu aktif. Salah satunya adalah aplikasi email. Aplikasi email seringkali terus aktif sehingga menyebabkan baterai hp cepat habis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya mengaktifkan aplikasi email ketika Anda memang sedang menggunakannya. Selain itu, Anda juga bisa mematikan aplikasi yang tidak perlu selalu aktif seperti aplikasi social media. Aplikasi social media seringkali terus aktif sehingga menyebabkan baterai hp cepat habis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya mengaktifkan aplikasi social media ketika Anda memang sedang menggunakannya.
  4. Keempat, Anda juga bisa menghemat baterai hp dengan cara tidak terlalu sering menggunakan aplikasi yang menyedot banyak daya. Salah satunya adalah aplikasi game. Aplikasi game seringkali menyedot banyak daya sehingga menyebabkan baterai hp cepat habis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya menggunakan aplikasi game ketika Anda memang sedang ingin bermain game.Selain itu, Anda juga bisa mematikan aplikasi yang tidak perlu selalu aktif seperti aplikasi video. Aplikasi video seringkali menyedot banyak daya sehingga menyebabkan baterai hp cepat habis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya mengaktifkan aplikasi video ketika Anda memang sedang ingin menonton video.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda akan bisa menghemat baterai hp agar tidak cepat habis. Selain itu, Anda juga bisa mengatur agar hp selalu dalam kondisi prima agar tetap awet dan tahan lama.

© Anton Nb. All rights reserved. Distributed by Techy Darshan Oktrik Oktrik