Amplifier Pengundang Walet

Anton
  • Whatsapp

Hendarto sebut saja demikian, pengusaha walet di Batam, Riau, tersenyum lagi. Rumah walet miliknya kembali dimasuki burung penghasil liur. Itu berkat amplifier alat penghasil suara walet. Sebelumnya, 4 sarang jadi penghuni tetap rumah yang dibangun sejak 2002. Namun, Collocalia fuciphaga kabur lantaran tape recorder yang digunakan untuk memutar kaset rusak, sehingga suara walet tiruan tak terdengar.

Agus Amin juga membuktikan amplifier efektif memancing walet masuk rumah. Pengusaha walet di Pontianak, Kalimantan Barat, itu sebelumnya memanfaatkan CD player untuk mengundang walet. “Sudah 3 bulan hingga CD aus belum ada tanda-tanda walet masuk. Namun, begitu memakai amplifier ternyata berhasil,” ujar distributor penyedap rasa.

Amplifier pengundang walet berbeda dengan amplifier biasa yang umum dipakai untuk meningkatkan volume suara. Alat yang disebut digital signal prossesing itu dirancang khusus untuk memancing walet.

Menurut pengalaman Bobo alat berbentuk kotak hitam itu awet hingga 5 tahun. Peternak tak perlu lagi waswas kalau mesin pemancing walet macet lantaran seluruh komponennya terbuat dari elektronik sehingga tahan lama. Ia juga dilengkapi pengatur nada dan volume.

Amplifier tidak mudah shot akibat serabut kabel plus dan minus pada speaker menempel. Itu bisa berakibat tweeter atau komponen amplifier rusak. “Kalau alatnya tak berfungsi, walet bakal kabur,” kata Bobo Wijaya, praktisi walet di Tangerang, Banten.

Bandingkan dengan CPU (Computer Prosessing Unit) yang dilengkapi CD room. Ia paling hanya bertahan 2 tahun setelah diputar nonstop. Apalagi jika menggunakan CD player. CD mudah aus sehingga harus diganti setiap 3 atau 4 bulan sekali.

Amplifier Yang Efektif

sarang walet
Meningkatkan populasi walet

Menurut Bobo amplifier sangat efektif memancing walet. Suara yang keluar jernih dan volume bisa diatur. “Dalam waktu 10 menit saja walet sudah berdatangan masuk ke rumah baru,” ujar alumnus Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Indonesia. Seminggu kemudian ia melihat beberapa walet mulai bersarang.

Lokasi memang menentukan banyak tidaknya walet masuk rumah. “Kadang burung cepat masuk rumah, kadang tidak. Tapi pengalaman saya di Batam maksimal sebulan walet sudah menetap di rumah,” kata pria yang kerap menangani rumah walet orang lain. Rumah walet di Sumatera relatif lebih cepat dimasuki dibanding Jawa. Di sana populasi walet cukup melimpah dan persaingan antarrumah belum banyak.

Amplifier banyak digunakan di Malaysia dan Thailand. Hasilnya pun memuaskan. Dalam waktu singkat rumah-rumah walet mereka dihuni burung berliur mahal.

Amplifier tak melulu dipakai untuk mengundang walet. Ia juga berfungsi meningkatkan produksi. “Suara itu membuat walet nyaman, sehingga populasi cepat berkembang,” ujar Bobo. Makanya, pria yang meraih gelar Master of Informatika di salah satu universitas di Australia itu menyarankan untuk membunyikan alat 24 jam nonstop. Hanya volume suaranya lebih kecil.

Memasang alat pemanggil walet suatu keharusan. “Persaingan semakin ketat,tanpa alat tersebut mana mungkin walet mau masuk,” kata Candra, pengusaha walet di Jakarta. Ketika Trubus berkunjung ke Cilamaya, Karawang, salah satu sentra, menjumpai hampir semua rumah walet dipasangi tweeter.

Kemampuan Ubah suara

Amplifier
Amplifier Bermutu Tahan Hingga pemakaian 5 tahun

Amplifier sudah lama dikenal di Indonesia. Alat itu biasa dipakai untuk meningkatkan volume suara di acara pesta. Ide Bobo menciptakan amplifier berawal dari pengalamannya memakai CD player dan CD room selama setahun. “Masak setiap 3 bulan CD rusak dan diganti? Kan repot kalau punya rumah walet di beberapa lokasi,” ujarnya.

Salah satu teman yang ahli teknik, akhirnya merancang amplifier. Untuk riset saja butuh waktu 2 tahun. Komponen berupa IC (integrated circuit) harus diimpor dari Amerika. Gabungan transistor itulah yang berfungsi menyimpan data suara walet. Kualitas suara yang dihasilkan tetap karena direkam dan diproses secara digital.

Suara yang dikeluarkan bervariasi dan berbunyi secara terus menerus. Kualitas suaranya rendah distorsi dan derau. Suara walet dapat diganti sesuai keinginan pemilik. “Mau suara walet di rumah sendiri atau dari sumber lain. Suara piyik, betina, atau pejantan dapat direkam dengan proses digital,” ujarnya. Keistimewaan lain alat otomatis hidup bila ada arus listrik. Itulah sebabnya ia cocok dipasang di rumah walet. Pemilik tak perlu lagi mengontrol rumah waletnya setiap bulan.