Anton-Nb
Terung kopek

Berjuta Khasiat dan Manfaat Terong

Para wanita yang rahimnya sedang membengkak, atau sedang menurun, tidak boleh memakan terung Solanum melongena. Mengapa begitu, belum ada penjelasan ilmiah yang beredar. Larangan itu tetap dipatuhi oleh orang-orang yang ingin sehat.
Buah terung sudah sejak zaman Tiongkok kuno dimanfaatkan sebagai penawar bagi yang keracunan makan jamur. Duduk perkaranya juga belum ada yang bisa menjelaskan. Namun, fakta kejadian dan pengalaman orang dengan terung itu diwartakan dalam berbagai buku obat tradisional cina. Mereka yang percaya biasanya memanfaatkan terung untuk melawan keracunan ini. Dimakannya sebagai terung segar.

Kini, di Eropa, Amerika dan Jepang, terung dimanfaatkan sebagai makanan rendah kalori bagi orang yang sedang berdiet.
Menurut US Department of Agriculture, bagian buah yang dapat dimakan hanya memberi 19 sampai 24 kalori, 1 gr protein, dan 0,2 gr lemak. Sebagian besar (94,3%) berupa air. Vitamin C-nya hanya 5 mg tiap 100 gr bahan. Ada juga Vitamin A, tetapi cuma 30 SI.
Keadaan miskin kalori ini justru dipakai sebagai juru selamat para penderita “penyakit kemakmuran”. Masyarakat makmur cenderung mengkonsumsi protein dan lemak hewani jenuh secara berlebihan. Banyak orang merasa tidak sehat setelah kelebihan makanan bergizi. Antara lain menderita hiperlipidemia (kadar lemak tinggi dalam darah), karena terlalu banyak menyantap makanan berkadar lemak tinggi.
Penderitanya memang tidak sakit, tetapi mengeluh tidak enak badan yang berkepanjangan, sehingga kinerjanya turun. Biasanya diingatkan oleh dokter bahwa ia harus berdiet, mengurangi makanan berlemak jenuh. Lemak yang boleh dimakan hanya lemak tidak jenuh berasal dari ikan, serealia, dan kacang-kacangan. Ia juga dianjurkan agar lebih banyak makan sayuran dan buah-buahan.
Terung yang disantap secara teratur selama berpantang makanan berlemak hewani (dari daging kambing, telur, dan daging sapi gemuk), dapat mengurangi peningkatan hiperlipidemia.

Mengendalikan stres

Bagi penderita tekanan darah tinggi, terung juga sangat menolong. Memang tidak membuat tensi turun secara bermakna, tetapi ia membuat orang lebih tenang, Biang keladinya ialah solanin yang dalam jumlah besar bisa mengendurkan urat saraf. Ketenangan ini bisa mempertahankan tekanan darah agar tidak naik lebih gawat.
Daripada minum obat sintetik penurun tensi, lebih baik makan masakan terung secara teratur saja. Misalnya 2 kali seminggu menyantap semur (atau lodeh) terung. Dan 2 kali seminggu pula lalapan yang ada terung segarnya. Itu lebih murah.
Mantan presiden Jimmy Carter misalnya, dapat mempertahankan kebugaran tubuhnya yang sudah laruik sanjo. Secara teratur ia menyantap terung yang dimasak sebagai eggplant goulash. Terung dipotong-potong menjadi bentuk dadu 1 cm persegi. Dan digoreng cepat dalam panci ceper bersama bawang putih, bawang merah dan iris-irisan tomat.
Sesudah dibumbui garam, merica, dan oregano, seluruhnya digoreng lebih lanjut sampai gosong. Lalu dipindah ke panci kecil dan ditaburi rajangan peterseli, tepung roti, dan parutan keju. Seluruhnya kemudian dioven sampai cokelat. Goulash terung rendah kalori ini dimakan sebagai pengiring ayam goreng.
Untuk mencegah agar solanin terung tidak membuat turun vitalitas (termasuk gairah seks), makan terung harus dikendalikan. Dari 2 kali seminggu menjadi satu kali seminggu misalnya. Begitu juga lalapan yang ada terung segarnya. Nanti, kalau kondisi sudah aman terkendali, makan terung boleh dilanjutkan lagi, 2 kali seminggu seperti sebelumnya.

Jenis Terung Indonesia

Gambar terong 1024x683 Berjuta Khasiat dan Manfaat Terong
aneka macam terung

Di Indonesia ada 3 forma dari jenis Solanum melongena yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan penyehat. Pertama, Terung kopek atau terung panjang. Buahnya memang panjang (bisa ungu muda, bisa putih). Rasanya agak manis dan empuk kalau dilalap. Terung ini bisa disayur lodeh atau disemur. Kedua, Terung glatik atau terung rangu, yang buahnya bulat kecil seperti gundu, putih atau ungu.
Ada subforma yang empuk dan manis, dan ada yang alot agak kelat, kalau dilalap. Sayang terung ini tidak lazim disemur atau dilodeh. Dan ketiga, Terung kelapa, yang buahnya bulat juga, tetapi lebih besar, walaupun tidak sampai sebesar kelapa. Warnanya putih atau hijau bergaris putih. Rasanya agak kelat, tetapi justru rasa yang aneh ini menambah semaraknya sambal di atas cobek.
Forma terung apa pun yang dipakai, kalau dilalap mempunyai kelebihan. Vitamin C-nya masih utuh. Mineral fosfor yang dikandungnya (37 mg) dan kalsium (15 mg) juga belum rusak, ketimbang terung yang sudah direbus semur atau lodeh.
Fosfor dan kalsium terung turut berperan dalam mendorong fungsi ginjal. Para lansia yang kerjanya lebih banyak duduk daripada berjalan atau berdiri, sering menderita sakit pinggang. Mereka sangat dianjurkan untuk lebih banyak makan lalapan sayuran segar yang tidak mengganggu ginjal. Antara lain terung kopek dan glatik. Bukan petai dan jengkol misalnya.
Hanya perlu dijaga jangan sampai sambal yang dipakai berupa sambal terasi. Terasi sangat tinggi kadar kolesterolnya. Sambal yang cocok bagi para lansia ialah sambal bawah putih, dan sambal cabai hijau bawang merah.

Most popular

Most discussed