Anton-Nb

Cara Mudah Dinginkan Rumah Walet

Senyum terpancar di raut muka Candra. Rumah walet yang dibangun pada 1998 di Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, dihuni 8 sriti. Keberhasilan itu diperoleh setelah ia memasang lembaran alumunium f oil di antara plafon dan asbes 5 bulan lalu. Radiant barier itu mampu memantulkan sinar infra merah hingga 95%. Alhasil, suhu turun menjadi 28°C, semula 30°C.
Dulu, lantaran suhu terlalu tinggi sriti yang masuk ke rumah walet selalu ditemukan mati di lantai.
Padahal, kalau dicermati konstruksi rumah walet itu sudah standar. Bangunan 2 lantai itu terbuat dari dinding beton setebal 40 cm. Bagian atap dicor, lalu dipasang celkon  bata cor terbuat dari semen yang dicetak persegi panjang secara beraturan.
Di dalam ruangan juga dilengkapi bak semen berukuran 4 m x 3 m berisi air. Secara berkala air dikucurkan merembes ke dinding melalui pipa yang dipasang di dinding tembok. “Semua itu belum mampu menurunkan suhu ruangan. Kalau masuk tetap terasa gerah,” ujar pengusaha segel gas di Cikarang, Bekasi, itu.
Namun, setelah dipasangi alumunium foil suhu ruangan turun. Antha, pegawai sekaligus penjaga rumah walet membuktikannya. “Kalau masuk ke ruangan terasa adem,” ujarnya. Sriti mulai banyak berseliweran keluar-masuk ruangan. Kepada Kami Candra menunjukkan kotoran sriti yang teronggok di sana-sini. Kendati peningkatan jumlah populasi belum signifikan, ia yakin tahun mendatang bisa terwujud.

Efek pantulan

rumah Cara Mudah Dinginkan Rumah WaletTeknik yang dikembangkan lelaki paruh baya itu muncul saat melihat atap rumahnya di Jelambar, Jakarta Barat. Pada bagian atap genteng dipasangi alumunium foil untuk mengatasi sengatan panas matahari di musim panas. “Begitu saya naik ke atas kok terasa adem,” kata pria asal Blitar itu. Sejak itulah ia memesan alumunium foil dari Australia untuk rumah waletnya.
Kelebihan alumunium foil mampu memantulkan sinar infra merah hingga 95%. Ia cocok untuk daerah tropis, seperti Indonesia. Panas akibat radiasi matahari sejak terbit diserap dinding dan atap. Energi itu akan memanaskan rumah. Makanya, ia banyak dipakai untuk rumah-rumah mewah.
Alumunium foil hanya salah satu bahan untuk menurunkan suhu ruangan. Pemakaian genteng sebenarnya mampu menurunkan suhu lebih baik dibandingkan asbes. Hal itu bukan karena ia isolator yang bagus, tapi rongga di antara genteng memaksa terjadinya pergantian udara di bawah atap. Teknik yang paling mudah agar suhu ruangan dingin adalah meninggikan atap. Namun, cara itu masih dianggap kurang optimal.
Di luar negeri, rumah-rumah mewah memasang 2 isolator yang berisi glaswool atau rockwool. Sayang, ia kurang diminati lantaran bahan itu tidak tahan ultraviolet dan mengganggu kesehatan. Poliethilene juga bagus untuk menurunkan suhu. Lembaran berwarna perak itu terdiri dari 2 lapis dengan bantalan hampa udara di bagian tengah. Permukaan luar berperan memantulkan sinar, bantalan meredam panas.
Teknik lain dengan memasang sirocco fan. Alat itu umum dipasang di atap pabrik. Selain berharga murah, ia juga efektif dan efisien karena alat itu digerakkan angin. Alat berbentuk seperti tabung itu mampu membantu sirkulasi udara di ruangan. Sayang, cara kerjanya hanya mengandalkan angin dan radiasi infra merah tetap masuk.

Harus rapat

rumahwalet Cara Mudah Dinginkan Rumah WaletBeragam merek alumunium foil atau poliethilene di jual di pasar. Harganya pun bervariasi dari Rp 100.000 sampai Rp4-juta/ rol. Pilihlah yang berkualitas ditandai tidak mudah robek. Kalau diletakkan di sinar matahari tampak silau di mata.
Cara pemasangan juga harus tepat agar efektif memantulkan sinar. Lembaran berukuran 1,25 m x 96 m itu dipasang di atas reng, jarak 2 cm dari asbes. Sambungan antarbahan harus rapat untuk mencegah kebocoran udara. Caranya, setiap sambungan dibuat tumpang tindih dengan lebar 5 sampai 10 cm. Pada bagian sambungan diberi isolasi
Bahan itu harus dipasang dengan kencang agar tampak rapi dan mencegah terjadinya jebakan air bila atap bocor. Usahakan saat pemasangan dilakukan dengan hati-hati dan tidak boleh robek. Bagian yang robek segera ditambal agar mendapatkan hasil maksimal.

Sunandar Agus

Most popular

Most discussed