Anton-Nb

Diet Makanan Yang Kaya Serat Bagi Penderita Obesitas

Untuk menurunkan berat badan bagi penderita kegemukan diperlukan motivasi diri, olahraga dan diet makanan yang sarat serat (misal agar-agar). Penurunan berat badan harus perlahan dan terus-menerus. Sedangkan keberhasilannya terletak pada diri penderita sendiri.
SUSI (bukan nama sebenarnya) wanita yang berumur sekitar tiga puluhan tahun nampak ceria dalam kesehariannya. Segala sesuatu dihadapinya dengan santai tanpa beban. Namun kejelekan yang ia miliki ialah kebiasaannya makan yang ‘enek-enek’ dan ngemil penganan sehingga badannya membengkak.
Susi pada mulanya sulit mengubah kebiasaannya makan banyak. Tapi ia berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan yang sarat serat sehingga perut pun awet merasakan kenyang. Dan yang pasti berat badannya pun lama kelamaan turun mencapai bentuk badan yang ideal tanpa harus menderita kelaparan.

Motivasi Diri

obesitas1 Diet Makanan Yang Kaya Serat Bagi Penderita Obesitas
Masalah yang dihadapi Susi, salah satu contoh dari banyaknya penderita obesitas. Tidak hanya di negara yang maju saja kini ternyata penderita kegemukan pun telah banyak menggejala terutama pada umur sekitar empatpuluhan tahun.
Namun, menurut beberapa sumber masalah kegemukan tidak hanya dialami oleh orang yang berumur sekitar empat puluhan tahun saja, akan tetapi bisa terjadi pada setiap orang tanpa dipengaruhi faktor umur. Kegemukan ditentukan oleh jumlah kelebihan lemak dalam tubuh. Kegemukan (obesitas) erat kaitannya dengan tata cara dan pola makan.
Akibat buruk yang ditimbulkan oleh penderita obesitas ialah bisa terkena tekanan batin, terjadi kelambanan gerak dan menyebabkan sering mengalami kecelakaan. Kelebihan berat badan juga memaksa jantung bekerja lebih keras. Di samping itu penderita mempunyai kecenderungan menderita hipertensi.
Wajar jika penderita harus menurunkan berat badan sehingga mempunyai berat badan ideal. Agar berhasil menurunkan berat badan, haruslah mempunyai motivasi diri (misal agar suami, anak atau pacar menjadi lebih bangga terhadap dirinya), sehingga ia mempunyai bentuk tubuh yang indah dan sehat sehingga bisa mengenakan berbagai busana dan kesempatan karier pun lebih luas.
Menurut saran Allison Boomer, RD dari FK Universitas Wayne State Detroit USA, agar penderita selalu menulis diet dalam sebuah buku agenda sehingga keinginan untuk melanggarnya pun dapat sedikit dikurangi. “Tulislah di catatan harian tentang jumlah makanan dan jenis menu yang akan dinikmati.
Pernahkah Anda menghentikan kebiasaan ngemil dalam usaha menurunkan berat badan? Tulis keinginan Anda untuk mempunyai berat badan ideal,” jelas Allison.

Menu Makan yang Berserat Tinggi

obesitas3 2 Diet Makanan Yang Kaya Serat Bagi Penderita Obesitas
Makan makanan yang banyak mengandung serat akan cepat memberi rasa kenyang, dan awet merasa kenyang, sehingga keinginan makan lagi pun dapat teratasi. Namun ingat gaya makan pun harus diperhatikan. Tak jarang penderita obesitas mempunyai gaya makan yang ngebut tanpa merasakan nikmat makanan.
Dalam waktu singkat makanan habis, tanpa menikmati aroma dan rasanya. Ada lagi yang makan dengan melakukan kegiatan tertentu, sehingga tak terasa makanan melebihi porsi normal, sehingga kegemukan pun tak bisa lagi dielakkan.
Selain menjaga diet maka gaya makan pun harus diperhatikan. Makanlah dengan secukupnya dan nikmatilah makanan dengan memperhatikan bentuk, warna, rasa, aroma, dan makanlah secukupnya tidak berlebihan.
Diet bagi penderita kegemukan menu yang tidak mengakibatkan kegemukan (lowfat) dengan makanan berserat tinggi. Bahan makanan yang berupa sayuran dan buah serta agar-agar sangat diutamakan dalam diet ini.
Makan agar-agar swallow globe (dunia walet) amat baik untuk penderita kegemukan, karena kandungan serat tumbuhannya yang tinggi (mencapai 81,29%). Di samping sebagai terapi terhadap penderita obesitas agar-agar pun berperan dalam terapi terhadap penderita sembelit (yang termasuk dalam golongan sederhana).
“Sangat baik untuk pencernaan, karena agar-agar yang berupa selulose ini dalam sistem pencernaan tidak bisa diserap oleh usus (dalam usus tidak ada enzim selulose), sehingga memberikan volume kotoran yang cukup sehingga kerja usus pun lebih baik,” jelas dr. Daldiyono, Kepala Sub-Bagian Ilmu Penyakit Pencernaan FKUI/ RSCM.
Bahkan tidak hanya itu saja peranannya. Makan agar-agar pun baik bagi penderita kadar kolesterol darah yang terlalu tinggi, penyakit kencing manis, penderita radang usus besar, bahkan dapat mencegah terjadinya kanker usus besar.
Jika penderita makan daging maka pilih daging yang kandungan lemaknya rendah. Gula pun harus diganti dengan madu atau gula tetes. Jika makan roti maka pilihlah yang kandungan seratnya tinggi (roti tawar yang berwarna coklat atau brown bre-ad), dan jika makan nasi maka lebih baikjika dipilih beras tumbuk.

Lakukan Perlahan dan Terus-menerus

obesitas3 3 Diet Makanan Yang Kaya Serat Bagi Penderita Obesitas
Steven Lamm, MD Ahli Ilmu Penyakit Dalam dan Olahraga di New York University Medical Centre mengatakan untuk menurunkan berat badan harus mengeluarkan kalori yang didapat. Caranya bisa dengan melakukan senam aerobik, jalan kaki, lari, menari, bersepeda, berenang, atau hiking.
Untuk kekencangan otot lakukanlah latihan beban secara bertahap. Latihan beban dan aerobik dilakukan secara bergantian, masing-masing selama 30 menit, 3-5 kali/minggu, dilakukan sesuai dengan kemampuan. Jangan lupa melakukan pemanasan sebelum latihan.
Tak jarang ada yang merasa tak sabar menginginkan penurunan berat badan dalam sekejap. Padahal menurut Charles Murkofsky, MD, direktur Klinik Gizi RS Gracia Square, New York, penurunan berat badan harus berlangsung secara perlahan dan terus-menerus dengan penurunan berkisar antara 0,5-1 kg/minggu. Namun sekali lagi, keberhasilan menurunkan berat badan terletak pada diri penderita sendiri.

Sunandar Agus

Most popular

Most discussed