Tiga Warna Menyimpan Pesona

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Di kotak kaca 2mxlmitu kawanan hamster bergerak ke sana-ke mari. Penampilan mereka atraktif dengan kombinasi 3 warna. Biasanya kerabat kelinci itu terdiri atas 1 atau 2 warna. Tertarik untuk memiliki satwa pengerat nan lucu ? Bersabarlah. Satu-dua bulan lagi, Ake, yang membidani kelahiran mereka bakal melepas ke pasaran.

Sejak digandrungi pada 1990, praktis warna hamster hanya itu-itu saja. Hamster syria Mesocricetus auratus didominasi warna putih, cokelat, dan paduan hitam-putih. Sedangkan hamster katai Phodopus sungorus asal Rusia umumnya hitam, krem, abu-abu, atau satin .

Bacaan Lainnya

Warna yang hampir serupa didapati pada hamster cina Cricetulus griseus. Ketika itu memang tak ada hamster triwama. Selain tampang yang imut-imut, warna tubuh menjadi faktor penentu bagi hobiis ketika memburu hamster. Menurut Ake, dengan adanya hamster triwama, pilihan lebih variatif.

Itulah sebabnya hobiis di Setyabudi, Bandung, tertarik untuk menyilangkan begitu memperoleh seekor hamster betina 3 warna: putih, cokelat, dan hitam. Setiap peralihan warna mempunyai batas yang jelas. Pengusaha garmen itu memperoleh anggota famili Muridae dari Chandra, pemilik toko satwa klangenan di Mal Setrasari, Bandung, pada Mei 2002. Chandra mendapatkannya dari koleganya di Tokyo, Jepang.

hamster
Hamster Tricolour

Jantan Harus dipisahkan

Soal menangkarkan ordo Rodentia bukan hal baru bagi Ake. Maklum, sejak 1980-an ia piawai menghasilkan hamster. Kerabat marmut berumur 2 bulan itu dirawat di kandang kaca. “Kandang harus terbuat dari bahan yang licin seperti kaca agar tidak dikerat,” ujar ayah 2 anak itu. Merang dihamparkan di lantai kandang supaya tidak licin.

Ia menjodohkannya dengan pejantan berumur 3 bulan. Warna tubuh paduan cokelat kehitaman dan putih. Mereka disatukan. Pengamatan intens dilakukan. Biasanya jika betina mengusir jantan, perjodohan mesti dihentikan. Kalau sudah begitu mak comblang Jiarus mencari pengganti. Untung ketika itu betina langsung menerima kehadiran si jantan.

Mereka tampak akur, si jantan terus membuntuti betina. Itu cukup sebagai indikasi mereka berjodoh. Lantaran dimabuk asmara, ke mana-mana senantiasa bersama. Kopulasi lazimnya terjadi menjelang petang. Amati perut betina. Bila tampak membesar, pertanda bunting, jantan harus dipisahkan. Meski sebelumnya rukun, kini muncul naluri betina untuk mengusir jantan. Padahal sang jantan pun sebetulnya mau bertanggung jawab.

Penimbun pakan

hamster
Tiga warna selalu betina

Masa kehamilan 16 hari dilalui tanpa suami. Ake memberi pakan berupa campuran voer, jagung giling, dan wortel dengan perbandingan 1:2:1. Pakan jelas harus tercukupi. Di habitat aslinya, satwa itu dikenal sebagai penimbun pakan di liang-liangnya. Kantung pipi yang besar dimanfaatkan sebagai pengangkut pakan untuk persediaan. Tak heran jika didapati beberapa hamster menimbun hingga 91 kg di liangnya.

Itulah sebabnya ia disebut hamster. Kata itu dicomot dari bahasa Jerman: hamstern yang berarti penyimpan atau penimbun. Jabang bayi merah lahir pada hari ke-16 atau 17 dengan mata tertutup. Perkawinan pertama menghasilkan 8 hamster mungil, 3 jantan, selebihnya betina.

Hingga umur 20 hari induk betina berkewajiban memberikan asupan gizi berupa ASH alias air susu hamster. Mata yang semula terpejam, perlahan membuka pada umur 14 hari. Seiring tumbuhnya gigi-20 hari setelah lahir-satwa pengerat itu mampu menyantap pakan sendiri.

Selalu betina

persilangan
Hasil persilangan 3 generasi

Tiga bulan berselang induk betina kembali dijodohkan dengan salah satu anakannya. Waktu itu sangat cukup untuk istirahat. Malahan biasanya sepekan setelah melahirkan, ibu-ibu hamster siap hamil lagi. Di dunia hamster inses tidak begitu berpengaruh terhadap keturunannya.

Penjodohan dilakukan lagi lantaran dari ke-8 keturunan, belum satu ekor pun yang mempunyai 3 warna secara jelas. Paling mendekati sang induk jantan, antara cokelat dan hitam tak ada batas yang jelas. Untuk penjodohan kedua, anak ke-10 dari 11 bersaudara itu memilih jantan yang mempunyai warna mendekati warna induk. Mereka akhirnya ke pelaminan. Setelah melalui proses kopulasi- bunting- melahirkan-muncul 8 ekor anakan.

Namun, belum ada yang mempunyai 3 warna. Oleh karena itu Ake kembali menjodohkan induk betina dengan salah satu anaknya. Tentu saja setelah berumur 3 bulan. Pada penjodohan ke-3 itulah diperoleh keturunan 3 warna. Anehnya, yang muncul 3 warna selalu betina. “Sama seperti kucing, 3 warna yang muncul selalu betina. Di Jepang juga begitu,” ujar Ake. Saat ini Ake memiliki lebih dari 100 ekor hamster triwama.

Dari 3 kali penyilangan itu kini ia mengoleksi sekitar 100 hamster triwarna. Warna-warna itu biasanya paduan antara putih, krem, cokelat, jingga, dan hitam. Menurut Ake perkawinan indukan triwarna tak semuanya menghasilkan triwarna juga. “Paling hanya 40%. Selebihnya ada yang satu atau dua warna,” katanya. Jadi, jika rata-rata seekor betina hamster melahirkan 6-14 anakan sekali melahirkan, diperoleh 2-6 anakan triwama.

Namahamster Syria, hamster katai, hamster cina
Nama ilmiahMesocricetus auratus, Phodopus sungorus, dan Cricetulus griseus
Leluhurhamster syria yang ditemukan Prof Aharoni, guru besar Zoologi Universitas Hebrew, Jerusalem, Israel. Satwa yang juga dijuluki hamster emas itu ditemukan di Gunung Aleppo, Syria, pada 1930.
PenyebaranDari Syria hamster kemudian banyak diteliti di laboratorium Universitas Hebrew. Satwa itu lantas dikirim ke Kebun Binatang London, Inggris, pada 1931. Akhirnya hamster dikirim ke Amerika Serikat pada 1937. Untuk pertama kali hamster dipamerkan pada 1948.
KesehatanHamster khususnya jenis katai rentan terserang tumor. Alas kandang seperti sekam sebaiknya diganti secara periodik, setiap 3—7 hari, tergantung populasi. Penanganan yang ceroboh—misalnya pengemasan untuk jarak jauh—menyebabkan luka.
PenangkaranHamster betina harus diperkenalkan ke jantan dan sebaliknya untuk mencegah perkelahian
Umur hidup2—3 tahun
Masa bunting16—18 hari ,
Masa sapih22 hari setelah kelahiran.

Pos terkait