cupang halfmoon rosetail

rosetail

Sepintas cupang halfmoon rosetail itu mirip halfmoon biasa. Namun, setelah ditelisik secara saksama, tampak tepi dan bukaan ekor berbeda. Saat ngedok, ekor mengembang sempurna melebihi 180°. Tepi ekor membentuk satu lekukan besar yang saling berhubungan bak bunga mawar. Para hobiis menyebutnya cupang halfmoon rosetail.

Ikan Cupang bertubuh cantik itu sebenarnya bukan jenis baru. Di Thailand dan Jerman, cupang halfmoon rosetail sudah diternakkan sejak dulu. Bahkan di negeri Gajah Putih kepopulerannya sedikit menurun. Dulu ketika baru muncul, ia sangat dikagumi para hobiis lantaran keelokan ekornya seperti bunga mawar. Di sana sebagian hobiis memanggilnya over halfmoon.

Di tanah air, kecantikan cupang kembang kol nama lain rosetail baru dikagumi belakangan ini. Harap mafhum, hobiis dan peternak di Indonesia lebih menyukai cupang serit, plakat, dan halfmoon biasa. “Baru beberapa hobiis yang mengetahui rosetail karena belum pernah dikonteskan,” tutur Irwan Sugandi, pemilik halfmoon rosetail itu.

Irwan Terpincut cupang halfmoon rosetail pertama kali ketika melancong ke negeri Gajah Putih beberapa bulan silam.

Makanya sejak 2 bulan silam, ia getol mendatangkan 10 sampai 20 ekor rosetail dari Thailand ke farmnya di bilangan Taman Ratu Indah, Jakarta Barat. Rosetail hasil temakan hobiis di Jerman dan Singapura pun tak luput untuk dikejar. “Saya tertantang untuk menemakkannya,” ucapnya.

Silangan blackmelano dan halfmoon cooper

Ayah 3 putri itu berhasil menghasilkan cupang halfmoon rosetail secara tidak sengaja. Ia menyilangkan jantan halfmoon blackmelano dengan betina halfmoon cooper impor dari Thailand. Hasilnya, setelah 2 bulan dirawat secara telaten didapat cupang berwarna hijau berlapis tembaga, masing-masing 3 jantan dan 2 betina. “Tidak disangka dapat rosetail.

Padahal semula ingin super halfmoon blackmelano,” kata pemilik farm Betta 1961 itu. Selanjutnya persilangan itu terus-menerus mengeluarkan rosetail.

Menurut pengusaha tekstil itu halfmoon rosetail dihasilkan dari persilangan indukan yang memiliki genetik sama. Di negeri Gajah Putih, rosetail yang dihasilkan berkualitas bagus.

Hal Itu lantaran peternak Thailand menggunakan indukan jantan dan betina yang memiliki sifat rosetail sama-sama unggul. Tubuh proporsional, kombinasi warna memikat, sirip atas dan bawah apik, dan ekor mengembang penuh menjadi syarat utama.

Dengan indukan berkualitas para pehobi siap dimanjakan dengan penampilan cupang halfmoon rosetail beragam warna. Mulai dari rosetail biru, hijau metalik, kuning, merah kombinasi putih hinggs full cooper tembaga menjadi pilihan.

Maklum, sisik biru pekat dari kepala hingga ekor berkesan gagah dan anggun. Rosetail hijau berlapis tembaga di sekujur tubuh tampil apik dengan kombinasi semburat merah dan biru di ujung sirip. Ekor bak bunga mawar semakin indah dengan kilauan keemasan.

ikan cupang Halfmoon rosetail

Halfmoon biasa tak memiliki lekukan di tepi ekor

Namun koleksi-koleksi berharga itu jarang ditemukan lantaran sulit dibudidayakan. Musababnya, sifat agresif cupang melebihi jenis lain. Tak jarang cupang betina mati akibat cubitan sang jantan saat dikawinkan. “Saya menyilangkan 5 pasang nggak ada yang jadi. Ia terlalu agresif,” kata Irwan.

Hati-hati penyakit fin rot

Ikan berwarna apik itu ternyata rentan penyakit fin rot. Bila terserang, ekor menjadi sobek dan retak. Ujung-ujung ekor krepes dan warna rusak. Ikan tampak loyo dan kurang agresif. Efeknya, pertumbuhan menjadi lambat.

Tak hanya itu, untuk menermakannya ada kendala yang perlu diatasi. Indukan jantan sulit memproduksi busa sebagai sarang telur sehingga sel telur betina tidak akan mengeluarkan anakan.

Akibatnya, tingkat keberhasilan rendah dan masa produksi sangat lama. Namun, hal itu dapat diantisipasi dengan memberi busa dari pej antan lain, kemudian dimasukkan ke dalam akuarium pemijahan.

Perawatan khusus pun harus diterapkan. Pergantian air dan penyedotan kotoran rutin setiap 3 hari sekali agar pH tetap pada kisaran 7 sampai 7,2. Dengan begitu pertumbuhan ikan bisa lebih cepat. Untuk menunjang pertumbuhan Irwan memberikan pakan berupa cuk dan bloodworm.

Sulitnya menyilangkan dan menghasilkan anakan cupang halfmoon rosetail berkualitas tinggi membuat halfmoon rosetail berharga sangat tinggi. Jantan ukuran kurang dari 4 cm dihargai Rp50-ribu per ekor. Ukuran super berkualitas tinggi mencapai jutaan rupiah. Sedangkan indukan betina berkualitas tinggi dijual hingga belasan juta rupiah. (Sunandar Agus)