Anton-Nb

Kanker Atau Tumor?

Kanker terbentuk melalui 2 kondisi yaitu adanya promotor dan inisiator. Promotor merupakan rangsangan/stimulus yang berulang-ulang hingga suatu saat memicu DNA inti sel mengalami mutasi secara tiba tiba (inisiator). Akibatnya gen-gen akan memberikan instruksi yang kacau pada tubuh dan memberikan perintah untuk membentuk jaringan monster atau apa pun bentuknya yang bukan merupakan jaringan normal .
Sel-sel yang telah kacau inilah yang merupakan generasi jaringan kanker atau tumor yang disebut sebagai inisiator kanker. Bila gen kanker sudah terbentuk maka gen ini akan mudah diturunkan sehingga generasi berikutnya juga beresiko terkena kanker. Seberapa cepat proses ini terjadi sangat tergantung kepada seberapa kuat faktor promotor dan berapa lama paparan terjadi, serta kemampuan tubuh dalam menangkal/menetralkan faktor promotor.
Prof Yukie Niwa (pakar radikal bebas internasional) dalam bukunya Free Radical Invite Death memaparkan bahwa oksigen radikal bebas adalah promotor, bahkan sekaligus inisiator yang dominan dalam menyebabkan kanker/tumor atau bentuk sel tidak normal lainnya.
Perlu diketahui bahwa radikal bebas merupakan bagian dari imun tubuh, karena itu kontak dengan atau penggunaan/pemakaian bahan-bahan asing/tidak dibutuhkan tubuh turut merangsang diproduksinya radikal bebas secara berlebihan.
Akibatnya radikal bebas tidak saja merusak bakteri/virus atau menetralkan senyawa asing, tetapi juga ikut merusak inti sel disekitarnya sehingga berkembang menjadi sel tidak normal, tumor/kanker.
Radikal bebas dapat masuk dari berbagai sumber eksternal (dari luar tubuh) seperti: rokok, polusi udara, polusi air, radiasi sinar UV dan sinar X, zat kimia pertanian, serta obat-obatan. Radikal bebas sendiri juga dapat diproduksi secara berlebihan oleh tubuh di saat stress, kelelahan yang amat sangat (fatigue), aktivitas fisik/olahraga berlebihan, dalam kondisi suhu yang ekstrim dan peradangan.

Setiap orang beresiko terkena kanker/tumor

Memahami bila promotor kanker bisa berbentuk apa saja, bahkan dalam es yang dingin, karena itu bila kita ingin terbebas dari kanker/tumor atau bentuk-bentuk sel tidak normal lainnya sepert: endometriosis, mioma atau kista, hindarilah kontak seminimal mungkin dengan bahan-bahan asing yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, baik itu langsung berupa senyata a kimia bersifat radikal bebas maupun non radikal bebas.
Konsumsi rutin suplemer antioksidan (penangkal radikal bebas) dar suplemen untuk merangsang detoksifika’ di tingkat sel sangat membantu dalam menetralkan dan mengeluarkan sang promotor dari dalam tubuh. Selain itu mulailah untuk diet rendah lemak dan karbohidrat tetapi tinggi vitamin,miners dan serat, dengan kata lain membatas pangan hewani dan makanan pokok. memperbanyak porsi dan keragaman sayur buah dan biji-bijian.
Tercukupinya protein vitamin dan mineral adalah syarat mendasar agar sel-sel dapat memperbaiki diri sehingp fungsi sel menjadi lebih baik. Dengir sendirinya kemampuan sel dalam mendetoks racun baik yang berbentuk radikal bebas atau bukan juga menjadi lebih baik.

Gambar kanker 307x768 Kanker Atau Tumor?
Gbr 1 : Sel normal Gbr 2 : Mutasi sel Gbr 3-4 : Pembelahan sel yang progresif Gbr 5 : Metastasis (penyebaran sel kanker)

Most popular

Most discussed