Anton-Nb

Manfaat dan Khasiat Sirip Hiu Untuk Kesehatan

Menjelang Imlek 2018. Keriaan yang biasa hadir di kediaman Talih Mulidi di Gunungsindur, Bogor, bak hilang tak berbekas. Hari itu sang empunya rumah hanya bisa tergolek tak berdaya di pembaringan.
Luka di telapak kaki yang didapat ketika mencangkul di kebun berubah menjadi bengkak sebesar kaki gajah. Berkat rutin meminum kapsul sirip hiu, vonis amputasi urung dilaksanakan.
Jatuh saat mengendarai motor di kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang, sepulang kerja jadi awal malapetaka. Koh Alih sapaan akrab Talih T Mulidi sempat koma beberapa hari. Untunglah perawatan tepat di RS As Sobirin, Serpong, Tangerang, membuat kondisi ayah 3 anak itu kembali pulih.
Sekembali dari rumah sakit, Alih getol berolahraga agar badan kian sehat. Mulai dari jalan kaki, lari-lari kecil, hingga berkebun. Tak dinyana saat sedang mencangkul di lada%g kakinya terluka. Luka kecil di telapak kaki kiri bagian belakang semula tak dihiraukan. “Tapi ternyata setelah diobati sendiri tidak sembuh-sembuh. Malah telapak kaki menjadi bengkak seperti tersiram air panas,” ujar Erawati, sang istri yang menemani saat Kami mewawancarainya.
Alih pun merasa tak nyaman. “Kaki rasanya panas dan nyut-nyutan. Sakitnya ngga ketahan, lebih parah daripada sakit gigi, sambat Alih mengenang kejadian di penghujung 1999 itu. Luka dan bengkak yang semula hanya di telapak kaki menyebar hingga ke betis. Ukuran kaki kiri pun meraksasa 2 kali lebih besar daripada yang kanan. Akibatnya pekerja di proyek-proyek pembangunan itu tak bisa berjalan. Erawati-lah yang setia menggendong ke sana ke mari kala Alih beraktivitas.
siriphiu2 Manfaat dan Khasiat Sirip Hiu Untuk Kesehatan

Derita Gula darah

Derita kian menjadi ketika kondisi fisik kakek 2 cucu itu ikut menurun. Maklum selama sakit, nafsu makan Alih seperti menguap. Dengan cepat bobot badan melorot dari 77 kg menjadi 35 kg. Kerabat dan rekan yang menjenguk miris melihat Alih yang kurus kering dengan kaki membengkak.
Toh, bukan berarti Alih dan istri tinggal diam. Sayang, upaya pengobatan ke dukun sia-sia. Dokter umum di dekat kediaman yang mencoba menangani pun angkat tangan. Lantas Alih disarankan berobat ke rumah sakit.
Pemeriksaan di RSU Tangerang pada November 1999 menunjukkan pria yang hobi bersepeda itu mengidap diabetes. Itu menyebabkan luka di kaki tak kunjung sembuh. Tes toleransi glukosa oral (TTGO) menunjukkan kadar glukosa darah 2 jam mencapai 285 mg/dl. Padahal dalam kondisi normal berkisar 140—200 ml/dl.
Selama ini perilaku Alih memang menunjukkan gejala penderita kencing manis. “Dalam semalam bisa berkali-kali bapak ke kamar mandi,” tutur Erawati. Perjalanan jauh pun hanya dilakoni bila membawa kendaraan sendiri. Maklum baru beberapa kilometer bergerak, Alih meminta berhenti untuk berurine. Badan pun kerap terasa lemas. Meski curiga, kondisi itu belum sempat diperiksakan ke dokter.

Urung Amputasi Berkat Sirip Hiu

Hasil pemeriksaan di RSU Tangerang membuat Alih mesti dirawat inap selama 10 hari. Obat-obatan untuk penderita diabetes menjadi menu harian pemilik toko sembako di Pasar Prungpung, Gunungsindur, itu. Setiap kali hendak makan, cairan insulin diinjeksikan ke tubuh. Kadar gula dalam darah memang berangsur turun. Namun, akibat salah penanganan luka dan bengkak di kaki kiri malah kian menjadi.
Akhirnya perawatan dialihkan ke RS Siloam Geneagles. Vonis dokter di rumah sakit elite di Jakarta Barat itu bak petir di siang bolong. “Kaki Bapak mesti diamputasi karena luka sudah terlalu parah,” ujar dokter yang memeriksa. Serta-merta Alih menolak. Tak terbayangkan cara menjalani hari-hari bila sampai kehilangan salah satu anggota tubuh.

pengobatan Manfaat dan Khasiat Sirip Hiu Untuk Kesehatan
Alih, tak perlu amputasi

Jalan tengah pun ditempuh. Dokter hanya membedah luka awal di bagian telapak kaki. Penyembuhan selanjutnya dengan obat-obatan. Saran rekan-rekan yang menjenguk untuk rajin mengkonsumsi sup sarang burung walet pun dituruti. Kandungan asam amino sarang walet baik untuk meningkatkan vitalitas, memperbaiki kebugaran, dan menstimulus kineija organ tubuh.

Sirip hiu

Namun, kesembuhan belum kunjung datang. Luka sulit mengering dan bengkak terus bertahan. Titik terang mulai terlihat kala Wanta Iwan sahabat karib Alih menyarankan meminum kapsul sirip hiu. Teman sepermainan sejak masa kecil itu pula yang memasok suplemen kesehatan yang diimpor dari Cina itu.
Maka Alih pun rutin menelan 8 pil putih seukuran buku jari kelingking setiap 1 jam sebelum makan. Tak terasa sebanyak 3 boks masing-masing berisi 500 pil sudah ditelan. “Awalnya sempat bosan, tapi karena ingin sembuh saya jalani terus,” kata Alih. Hasilnya, bengkak berangsur-angsung kempis. Luka pun mengering. Nafsu makan pria yang gemar beijalan-jalan ke tempat-tempat baru itu muncul kembali. Bobot badan berangsur naik hingga stabil di atas 55 kg.
Kini Alih sudah bisa lagi mengayuh sepeda kesayangannya berkeliling lingkungan rumah. Berkelana ke tempat-tempat baru memang sulit dijalani. Namun, pergi berbelanja sembako untuk persediaan di toko tak jadi kendala. Dengan diet ketat kadar gula darah yang diperiksa setiap 3—4 bulan stabil di angka 130—160 mg/dl. Sirip hiu penyelamat kaki dari amputasi sudah dihentikan sama sekali.
siriphiu3 Manfaat dan Khasiat Sirip Hiu Untuk Kesehatan

Sirip hiu dan khasiatnya dalam pengobatan Encok, Jantung, dan Kanker

Menurut Prof HC M Yusuf, pengobat tradisional di Sukabumi, sirip hiu—tepatnya tulang rawan hiu telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina. “Lazimnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki pencernaan, dan menstabilkan fungsi organ tubuh,” kata pria yang kerap bolak-balik ke negeri Tirai Bambu itu.
Biasanya “ramuan” itu disajikan dalam bentuk sup sirip hiu. Tak melulu untuk penderita sakit, menu itu juga dinikmati oleh mereka yang sehat. Semula hanya kalangan tertentu saja yang bisa menyantap, lantaran sup sirip hiu makanan super istimewa yang mahal harganya. Baru setelah era 1987 menu itu hadir dalam jamuan makan malam untuk bisnis, pesta pernikahan, maupun hidangan utama di restoran-restoran cina. Di restoran di kawasan Bay Area, california, semangkuk sup sirip hiu dibandrol US$10—65 setara Rp80.000— Rp520.000.
siriphiu4 Manfaat dan Khasiat Sirip Hiu Untuk Kesehatan
Belakangan muncul penelitian-penelitian yang mengungkap khasiat sirip hiu mengobati kanker. Riset Dr Michael Klagsburn dari Childrens Hospital, Boston,menunjukkan sel tumor berhenti berkembang ketika ukurannya mencapai 1—2 mm. Sel pengganggu itu baru akan membesar bila mendapat pasokan air, makanan, dan oksigen dari sel pembuluh darah baru.
Menurut penelitian di Harvard Medical School, sirip hiu mengandung protein yang mencegah produksi angiogenin. Zat itu bertanggungjawab dalam pembentukan pembuluh darah baru yang dapat menjadi “inang pengasuh” sel tumor. Produksi angiogenin terhenti berarti tak ada pembentukan sel pembuluh darah baru. Artinya sel tumor tak bisa berkembang karena tak ada sokongan dari “inang pengasuh”.
Selain kanker, sirip hiu pun potensial mengobati radang sendi, penyakit jantung, dan psoriasis. Pasien pun tak perlu repot memasak sup lantaran sirip hiu kini tersedia dalam bentuk kapsul dan bubuk. Pada kasus Alih sirip hiu mengobati luka membandel akibat diabetes. “Itu karena sirip hiu bersifat menghilangkan racun dan antiinfeksi,” ujar Yusuf- Namun, hati-hati. Suplemen kesehatan itu tidak disarankan untuk anak-anak, ibu hamil, dan mereka yang baru operasi tanpa pengawasan dokter. (Agus Sunandar)

Sunandar Agus

Add comment

Most popular

Most discussed