Anton-Nb

Pengaruh Makanan & Penyakit Pirai (Gout)

Jangan biarkan penyakit pirai merampas kenyamanan hidup kita. Kiat untuk menghindarinya cukup sederhana, upayakan makan secara teratur dengan pola makan empat sehat lima sempurna dan seimbang.

Tentang Gout/Pirai

PENYAKIT pirai yang lazim disebut penyakit “Gout[1], merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita masyarakat. Sebagian besar korban penyakit gout adalah kaum pria, sedangkan pada wanita biasanya terjadi setelah memasuki masa menopause. Gemuk, merupakan faktor risiko bagi gout dengan persentase sebesar 17,8% – 50%. Gout disebabkan oleh pembentukan asam urat. Sedangkan asam urat merupakan bagian yang normal dari darah dan air seni.

Kadar Asam Urat Dalam Tubuh

gout 1 Pengaruh Makanan & Penyakit Pirai (Gout)Asam urat merupakan sisa pembuangan dari pemecahan protein. Penyakit gout ini dapat terjadi apabila seseorang di dalam tubuhnya terlalu banyak asam urat karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam urat [2]. misalnya, keadaan itu terjadi baik disebabkan oleh produksi asam urat yang berlebihan ataupun pengeluaran asam urat melalui air seni yang terlalu sedikit. Penyakit utama gout bisa berasal dari gangguan mekanisme sejak lahir atau didapat setelah dewasa.

Sintesis, asam urat dapat meningkat bila individu itu banyak mengkonsumsi protein, atau dapat pula disebabkan karena penghambatan pengeluaran asam urat itu. Faktor yang menyebabkan penghambatan pengeluaran asam urat antara lain bila terlalu banyak minum-minuman yang mengandung alkohol seperti soft drink, bir atau sering menahan lapar karena terlalu sibuk bekerja.

Peningkatan asam urat akan lebih tinggi lagi pada penderita hiperurikemia. Hal ini disebabkan adanya penghambatan pengeluaran asam urat dari ginjal penderita. Selain itu penyakit goutjuga dapat terjadi pada individu yang mengkonsumsi makanan sumber hidrat arang secara berlebihan.

Bila kadar asam urat telah meningkat sedemikian rupa, maka terjadi timbunan kristal urat yang umumnya terjadi di sekitar persendian, sehingga penderita senantiasa merasakan keluhan sakit pada persendiannya. Apabila asam urat itu mengkristal pada ginjal maka terjadilah batu asam urat pada ginjal.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Gout

gout 3 Pengaruh Makanan & Penyakit Pirai (Gout)Nutrisi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kadar asam urat. Karena itu bagi penderita gout sangat penting untuk berdiet[3]. Untuk mengetahui beberapa makanan yang harus dihindari dan dikonsumsi oleh penderita gout, marilah kita simak tabel berikut ini:

 

PENGATURAN DIET
Golongan A Mengandung Purin150-1000 mg/100 g Golongan B Kadar purin 50-100 mg/100 g Golongan C Sedikit purin 50 mg/100 g (AMAN)

Hati, ginjal, otak, jantung, kerang, remis, udang, sarden,

ikan kering, kaldu daging, daging angsa, ragi,

roti manis, alkohol, makanan kalengan.

Asparagus, bayam, daging sapi, ayam,

kepiting, kacang polong, daging babi, jamur,

kembang kol, lidah, telur, ikan, daging bebek,

kacang-kacangan, kering.

Keju, susu, teh, coklat,

hasil olah kacang-kacangan (tempe, tahu),

sayuran dan buah-buahan.

Hati, ginjal, otak, jantung, kerang, remis, udang, sarden, ikan kering, kaldu daging, daging angsa, ragi, roti manis, alkohol, makanan kalengan. Asparagus, bayam, daging sapi, ayam, kepiting, kacang polong, daging babi, jamur, kembang kol, lidah, telur, ikan, daging bebek, kacang-kacangan, kering. Keju, susu, teh, coklat, hasil olah kacang-kacangan (tempe, tahu), sayuran dan buah-buahan.

Apabila kadar asam urat telah lebih dari 7 mg/dl, maka hindarilah bahan makanan yang tercantum dalam Golongan A. Sedangkan bahan makanan Golongan B sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah terbatas, dan Golongan C merupakan jenis-jenis makanan yang aman dikonsumsi oleh penderita gout.

Untuk penderita gout yang berat badannya di atas normal, dianjurkan untuk berdiet rendah kalori. Untuk lebih jelasnya berkonsultasilah pada ahli gizi. Selain menghindari bahan makanan yang mengandung purin tinggi (Golongan A)

Penderita gout harus meminum air putih yang banyak yaitu sekitar 8 gelas sehari guna memperlancar pengeluaran asam urat yang tertumpuk dalam tubuh. Nah, mulai sekarang marilah kita makan makanan 4 sehat5 sempurna yang merupakan gizi seimbang. Upayakan jangan hanya memfavoritkan satu makanan tertentu saja.

Contoh Diet Rendah Purin

Pagi:

Nasi, Orak-arik telur 2 butir,

Lalab ketimun -tomat, Susu.

Pukul 10.00: Puding pepaya.
Siang

Nasi, Ikan bakar saus kecap 25 gr,

Perkedel tahu 50 gr, Sayur Asem % gelas, Apel.

Pukul 16.00 Kue talam.
Malam

Nasi, Bistik daging 25 gr,

Tumis sawi hijau % gelas,

Tempe bacem 50 gr, Pisang.

Referensi

[1] Gout | Arthritis | CDC. 27 July 2020, https://www.cdc.gov/arthritis/basics/gout.html.

[2] “Diuretics: Cause of Gout?” Mayo Clinic, https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gout/expert-answers/diuretics-and-gout/faq-20058146. Accessed 19 Apr. 2021.

[2] “Gout Diet: Foods to Eat and Those to Avoid.” WebMD, https://www.webmd.com/arthritis/gout-diet-curb-flares. Accessed 19 Apr. 2021.

Most popular

Most discussed