Manfaat dan Khasiat Daun Cincau Hitam: Minuman Tradisional dengan Beragam Manfaat Kesehatan

Anton avatar
  • Anton
  • 4 min read

Daun cincau hitam adalah bahan pangan alami yang banyak digunakan dalam makanan dan minuman. Selain rasanya yang segar, tanaman ini juga dikenal memiliki berbagai khasiat sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti darah tinggi, radang usus, panas dalam, dan disentri. Artikel ini akan mengulas berbagai aspek daun cincau hitam, mulai dari jenis-jenis tanaman, kandungan gizi, hingga manfaat kesehatannya.

Jenis-Jenis Tanaman Cincau

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis tanaman penghasil gelatin cincau, yaitu cincau hitam (Mesona palustris BL), cincau hijau (Cylea barbata Miers), dan cincau perdu (Melastoma polyanthum B’). Meskipun ketiganya memiliki manfaat masing-masing, fokus kali ini adalah pada daun cincau hitam, yang dikenal dengan gelatin berwarna hitam dan memiliki berbagai khasiat kesehatan.

kebun Mesona palustris BL atau cincau hitam

Kandungan dan Manfaat Gelatin Cincau Hitam

Daun cincau hitam menghasilkan gelatin berwarna hitam yang dapat dimanfaatkan sebagai minuman segar dan obat tradisional. Tanaman ini termasuk dalam famili Labiate dan dikenal dengan nama “janggelan” di Jawa. Gelatin dari daun dan batang cincau hitam dibuat melalui proses pemanasan, menghasilkan gelatin padat yang berwarna hitam dan licin.

Gelatin cincau hitam dapat disimpan lebih lama dibanding gelatin hijau. Masyarakat biasanya menggunakan daun cincau hitam sebagai bahan makanan atau campuran minuman yang menyegarkan. Namun, selain sebagai bahan pangan, cincau hitam juga dikenal memiliki khasiat obat.

Asal dan Penyebaran Tanaman Cincau

Tanaman cincau hitam berasal dari Asia, dengan penyebaran yang meliputi India, Birma, Indocina, Filipina, hingga Indonesia. Di Indonesia, tanaman ini sudah lama dibudidayakan di daerah Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi, dan Sumbawa. Tanaman ini dapat tumbuh baik di daerah dengan ketinggian 75-2300 meter di atas permukaan laut, sehingga cocok untuk berbagai kondisi iklim di Indonesia.

Proses Pengolahan Cincau Hitam

Pengolahan daun dan batang tanaman cincau hitam dilakukan melalui proses pemanasan. Langkah pertama adalah mencuci daun dan batang dengan bersih, kemudian direbus dalam air hingga mendidih. Setelah itu, rebusan tersebut diaduk-aduk hingga mengental dan berubah warna menjadi hitam. Proses ini menghasilkan gelatin padat berwarna hitam yang licin dan bisa langsung dikonsumsi atau diproses lebih lanjut menjadi bubuk atau tepung.

Gelatin cincau hitam selain dikonsumsi secara langsung, juga dapat diproses menjadi bubuk atau tepung. Kini, Anda bisa mendapatkan bubuk gelatin cincau hitam siap saji di pasar tradisional atau pasar swalayan. Anda tinggal mengolahnya menjadi gelatin atau agar-agar sesuai kepekatan dan kekentalan yang diinginkan, entah untuk pencampur berbagai minuman, puding, dan makanan lainnya.

daun cincau hitam yang sudah dikeringkankan

Kandungan Gizi dan Khasiat Kesehatan

Daun cincau hitam mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa kandungan gizi penting dalam daun cincau hitam:

  • Karbohidrat: Sumber energi yang baik dan membantu dalam proses metabolisme tubuh.
  • Mineral: Mengandung fosfor dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.
  • Vitamin: Kaya akan vitamin A, B1, dan C yang penting untuk kesehatan mata, sistem saraf, dan sistem kekebalan tubuh.
  • Air: Kandungan air yang tinggi (66-98%) membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Khasiat Kesehatan

Tanaman cincau hitam dikenal memiliki berbagai khasiat obat yang sudah lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional. Beberapa manfaat kesehatan daun cincau hitam antara lain:

  • Menurunkan Panas Badan dan Panas Dalam: Kandungan senyawa dalam cincau hitam dapat membantu menurunkan panas badan dan mengatasi panas dalam.
  • Mengatasi Gangguan Pencernaan: Serat dalam cincau hitam membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi: Konsumsi cincau hitam secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi berkat kandungan senyawa antihipertensi.
  • Sumber Antioksidan: Cincau hitam mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.
  • Efek Imunomodulator: Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi.
  • Antidiabetes: Membantu mengontrol kadar gula darah.

Cara Membuat Minuman Cincau Hitam

Berikut adalah cara sederhana untuk membuat minuman cincau hitam di rumah:

  1. Ambil daun cincau hitam yang sudah bersih.
  2. Rebus daun dalam air hingga mendidih.
  3. Saring air rebusan dan biarkan hingga dingin.
  4. Setelah dingin, air rebusan akan mengental dan membentuk gelatin.
  5. Potong gelatin cincau hitam sesuai selera dan tambahkan ke dalam minuman, seperti es sirup atau es campur.

Penutup

Daun cincau hitam adalah tanaman yang kaya akan manfaat, baik sebagai bahan pangan maupun obat tradisional. Dengan kandungan gizi yang tinggi dan berbagai khasiat kesehatan, tidak ada salahnya Anda menghadirkan tanaman cincau hitam di pekarangan rumah. Selain membuat rumah lebih asri, Anda juga bisa mengolah daunnya menjadi minuman segar atau memanfaatkannya sebagai obat alami.

Komentar Pembaca

Suara Anda

Anton

Written by : Anton

Anton adalah penulis berpengalaman yang antusias dalam berbagai topik, mulai dari teknologi, pengembangan diri, gaya hidup, hingga hiburan. Dengan tujuan untuk menginspirasi dan memberikan wawasan, Anton selalu menghadirkan konten yang informatif dan menarik.

Jelajahi Topik Ini Lebih Lanjut