Anton-Nb

Proses Persalinan Anjing Ras Bunting Pertama Kali

Bonita berkali-kali mengejan. Tenaga dachshund betina itu terkuras setelah melahirkan 6 bayi. Padahal, masih ada seekor lagi yang harus dikeluarkan dari rahimnya. Dengan sisa tenaga yang dimiliki, anjing hitam kecokelatan itu mengejan kuat-kuat. Akhirnya kepala mungil berselaput tipis itu perlahan-lahan muncul dan si bungsu pun lahir.

Melahirkan anak kodrat setiap anjing betina. Secara alami ia mencari tempat persembunyian, seperti di bawah tanah. Lokasi itu aman dari gangguan predator. Begitu anaknya lahir, induk segera merobek plasenta, menjilati cairan ketuban hingga kering, lalu menggigit tali pusat dan memakan ari-ari.

Namun, kebiasaan itu tidak dimiliki anjing ras yang dipelihara manusia. Anjing peliharaan cenderung manja. Meski sudah berpengalaman melahirkan ia sering menghadapi masalah sehingga perlu bantuan. Apalagi, anjing yang pertama kali bunting.

Induk kadang tidak tahu yang harus dilakukan setelah anaknya lahir. Banyak kasus terjadi induk membiarkan anaknya terbungkus plasenta. Kalau dibiarkan terlalu lama, anak anjing dipastikan mati karena tidak bisa bernapas. Berikut ini perlakuan yang dapat diberikan ketika si kecil lahir.

1. Setelah bayi keluar segera angkat, lalu pisahkan dengan induknya. Keluarkan ari-ari dan plasenta dari tubuh induk. Kalau putus, usahakan ditarik dengan tisu atau kain lembut supaya tidak licin. Ari-ari itu boleh dimakan induk.
anjing 300x229 Proses Persalinan Anjing Ras Bunting Pertama Kali
2. Segera robek plasenta yang membungkus bayi, lalu pegang erat dengan tangan karena cairan ketuban sangat licin. Gunakan kain lembut untuk mengeringkan cairan tersebut. Gosokkan kain itu ke punggung dengan hati-hati supaya bayi bernapas dan merasa hangat.
anjing lahir 248x300 Proses Persalinan Anjing Ras Bunting Pertama Kali
3. Jika bayi tidak bias bernapas segera gunakan alat sedot berbentuk mirip pipet tetes. Alat ini biasa digunakan untuk membersihkan debu kamera. Masukan penyedot ke rongga mulut dengan mengempiskan atau menekan balon bagian yang menggembung. Lalu lepas balon itu supaya mengisap cairan yang ada di mulut si kecil. Ingat, jangan mengempiskan alat ini di rongga mulut atau hidung karena akan meniup atau mendorong cairan masuk ke rongga hidung. Setelah cairan tersedot, segera kembang-kempiskan alat ini agar cairan tersedot keluar. Ulangi cara ini berulang kali sampai
cairan ketuban hilang.

4. Sedot juga cairan yang ada di hidung dengan pipet yang sama. Lakukan berulang-ulang hingga kedua lubang hidung bersih dari lendir yang menyumbat. Prosesnya sama seperti menyedot cairan di mulut.
anjing lahir 3 256x300 Proses Persalinan Anjing Ras Bunting Pertama Kali
5. Begitu bayi menangis tanda anjing bernapas dan sehat ikat tali pusar sekitar 0,5 cm dari pangkal, lalu gunting 0,5—1 cm dari tali pengikat. Gunakan benang nilon atau benang jahit operasi untuk mengikat. Jangan memakai benang jahit baju karena menyayat tali pusar. Gosok punggungnya dengan kain atau tisu untuk mengeringkan cairan di tubuh. Tempelkan tubuh ke telinga untuk mendengar desahan napas. Bila terdengar jernih berarti rongga hidung sudah bersih dari cairan; serak seperti pilek, segera disedot lagi.
anjing lahir 2 300x288 Proses Persalinan Anjing Ras Bunting Pertama Kali
6. Kalau sudah beres, beri 1 —2 tetes madu ke mulut bayi. Gunanya supaya bayi mempunyai tenaga dan naluri mengisap. Begitu selesai, dekatkan bayi ke puting untuk menghisap air susu induk. Perhatikan induk ketika menyusui anak. Biasanya induk berkontraksi ketika puting diisap anak untuk pertama kali. Segera pindahkan bayi ke tempat aman agar tidak terinjak induk.

Tunggu beberapa saat hingga induk tenang kembali. (Sunandar Agus)

Sunandar Agus

Add comment

Most popular

Most discussed