Anton-Nb

Ramuan Alami Berkhasiat Untuk Hewan Peliharaan

Cabi tampak gelisah dan sering menggonggong tanpa sebab. Kaki belakang pudel itu menggaruk-garuk dada sehingga muncul luka seperti eksim. Setelah dicermati ternyata kutu bersarang di tubuhnya. Pantas setiap kali ia bergerak, kutu-kutu itu berceceran di lantai.

Bimo, sang pemilik tak menduga sama sekali kalau anjing kesayangannya terserang kutu. Soalnya Cabi rutin mandi dengan sampo khusus seminggu sekali. Bedak dan obat antikutu pun telah dipakai, tetapi kutu tetap bersarang di tubuh anjing mungil tersebut.

Kebetulan pria yang tinggal di Yogyakarta itu memiliki persediaan minyak yang terbuat dari ekstrak buah mahkota dewa. Minyak itu pernah dicoba untuk mengusir ketombe di kepalanya dan ternyata manjur. Dalam benak pria berumur 22 tahun itu, bila minyak mahkota dewa bisa menghilangkan ketombe, mungkin dapat mengusir kutu.

Malam hari, sekujur tubuh Cabi dibalur dengan minyak itu. Keesokan harinya anjing kecil itu diguyur dengan air hangat, lalu dicuci dengan sampo hingga berbusa. Setelah itu ia dibilas air bersih dan dilap dengan handuk hingga kering. Begitu selesai, borok diolesi minyak. Lima hari kemudian kutu menghilang.

Ramuan hasil racikan sendiri

Mahkota dewa hanya satu dari sejumlah tanaman obat yang bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk peliharaan kita. Coba lihat, kucing sangat menyukai daun anting-anting Acalypha indica. Mengapa? Ternyata mereka memiliki naluri untuk menyembuhkan diri sendiri. Dengan cara memakan daun-daunan tertentu mereka dapat menyembuhkan deritanya.

Ada pengalaman salah satu teman di Yogyakarta yang membuat ramuan khusus untuk ayam aduan. Bahannya 3 buah mahkota dewa, 200 ml minyak sayur, 1 sendok teh daun sambiloto, 1 sendok teh ekstrak daun dewa, dan 1 sendok teh umbi dewa. Buah mahkota dewa kering disangrai hingga gosong, lalu digerus hingga halus. Campurkan semua bahan, lalu tambahkan minyak sayur.

Racikan itu dioleskan pada ayam adu yang terluka. Bila parah, olesi minyak itu dengan kain atau kapas, lalu tempelkan ke bagian luka dan diikat agar tidak lepas. Ternyata ramuan itu lebih bagus dibanding dengan obat kimia yang dibeli di toko. Kecepatan sembuhnya luka-luka di kaki dan tubuh ayam sabung lebih nyata terlihat.

Luka karena goresan jalu ayam jago cepat kering begitu diolesi minyak itu.

ayam adu 1024x576 Ramuan Alami Berkhasiat Untuk Hewan Peliharaan
Luka pada ayam adu cepat sembuh

Proses Yang Mudah

Kalau hewan peliharaan Anda sakit, sebenarnya ada obat di sekitar kita. Contohnya Eko, peternak ayam di Gandaria, Jakarta Selatan. Ia memberikan ramuan berupa 15 g buah mahkota dewa, 100 g kencur, dan 100 g jahe. Semua bahan diparut, lalu direbus dengan 3 gelas air selama 10 menit. Setelah dingin berikan sebagai air minum ayam. Selain itu, ia mencampurkan rajangan daun dewa ke ransum dengan perbandingan 1:15. Nyatanya, ramuan itu menyelamatkan ayam buras dari serangan avian influenza (Al) pada 2003.

Burung sakit pun bisa diobati dengan ramuan tradisional. Hal ini telah dibuktikan Adi yang memiliki cucak hijau. Kondisi burung itu sedang tidak fit lantaran rontok bulu. Kebetulan ia rajin meminum serbuk terbuat dari buah mahkota dewa. Setengah sendok teh bubuk itu dicampurkan ke air minum burung. Setelah 3 hari, kondisi burung itu kembali normal dan rajin berkicau.

Jika Anda mengalami hal sama dan kebetulan memiliki tanaman mahkota dewa, petik buah yang sudah masak ditandai warna kulit merah. Ambil sebuah, lalu tusuk-tusuk dengan garpu hingga keluar getahnya. Usahakan tusukan tidak mengenai biji karena kandungan racun tinggi yang membuat mulut burung gosong. Rebus buah itu dengan segelas air selama 10 menit. Setelah dingin berikan sebagai air minum burung.
jamu 1024x576 Ramuan Alami Berkhasiat Untuk Hewan Peliharaan

Tanaman obat Berkhasiat

Secara empiris banyak penyakit sembuh dengan tanaman obat. Contohnya, mahkota dewa Phaleria macrocarpa yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti diabetes, kanker, dan lever. Buah berkulit merah itu ternyata teruji mengobati penyakit pada anjing, kucing, dan burung. Kasus yang dialami Bimo itu karena khasiat mahkota dewa menyembuhkan gatal sekaligus membunuh kutu.

Menurut dr Regina Sumastuti, ahli farmakologi Fakultas Kedokteran UGM, Yogyakarta mahkota dewa mengandung antihistamin yang menangkal alergi. Makanya, gatal-gatal di tubuh Cabi hilang ketika diolesi saripati buah itu. Literatur kuno pun menyebutkan kalau mahkota dewa bisa menyembuhkan kudis. (Sunandar Agus)

Add comment

Most popular

Most discussed