Tips Agar Anjing Nyaman Di kandang

Kandang bukan tempat mengurung anjing galak. Kesan yang ada, anjing dikurung supaya tidak menggigit. Padahal, tempat itu seharusnya merupakan “rumah” bagi anjing. Kandang yang menyenangkan membuat anjing betah menempatinya. Kandang sangat bermanfaat bagi hewan klangenan. …

Kandang bukan tempat mengurung anjing galak. Kesan yang ada, anjing dikurung supaya tidak menggigit. Padahal, tempat itu seharusnya merupakan “rumah” bagi anjing. Kandang yang menyenangkan membuat anjing betah menempatinya.

Kandang sangat bermanfaat bagi hewan klangenan.

Setiap anak anjing butuh tempat berlindung dari kebisingan dan stres. Di kandang ia bisa bersembunyi dan bermain. Saat pemilik pergi atau pada malam hari, kandang menjadi tempat aman bagi si kecil. Tamu pun merasa aman kalau tahu anjing dikandangkan.

Namun, melatih mengandangkan anjing tidak gampang. Apalagi bila hewan itu telah terbiasa hidup bebas. Cara melatihnya berbeda dengan latihan kepatuhan. Latihan untuk membuat anjing patuh sering membuat pemilik putus asa.

Akibatnya, banyak anjing dibuang ke jalanan atau tempat penampungan. Mereka mengeluh, anjingnya suka mengunyah segala macam benda, membuang kotoran sembarangan, dan berlarian kian kemari.

Lain dengan melatih anjing untuk hidup di kandang. Dengan mengatur pola makan dan minum secara konsisten, pada usia tiga bulan anak anjing sudah dapat membuang kotoran di tempat khusus di kandang.

Table of Contents

Dilatih Sejak Masih anakan

Latihan masuk kandang paling tepat dilakukan saat masih “balita”. Proses pelatihannya memerlukan kesabaran dan kelembutan. Perlakuan bisa dimulai dengan memagari kandang dengan handuk, memberi selimut tebal, bantal, atau mainan yang dapat dikunyah.

Namun yang paling utama, Anda harus bersikap positif. Bila ia mau masuk kandang, berikan ia biskuit atau “cemilan” lainnya. Dengan demikian, anjing itu akan bersikap positif pula terhadap kandangnya, tidak merasa sebagai kurungan.

Agar mau betah, kandang yang disediakan harus sesuai ukuran si anjing. Pilih kandang yang cukup besar sehingga ia dapat berputar mengelilinginya. Untuk itu Anda dapat membeli kandang yang dilengkapi penyekat.

kandang anjing Dibuat nyaman agar betah
Dibuat nyaman agar betah

Jadi, saat usia anjing bertambah dewasa, ukuran kandang dapat diperbesar. Bila itu dilakukan dengan baik, anjing tidak akan serampangan lagi. Hidup anjing lebih nyaman, pemilik pun tidak terganggu.

Anjing harus tetap diberi perhatian dan kasih sayang

Dari survey yang dilakukan Dog Fancy, majalah terbitan Amerika, 100% responden merekomendasikan penggunaan kandang. Sejumlah 88% responden berpendapat saat paling tepat mengandangkannya sewaktu masih “balita”.

Beberapa di antara responden menambahkan, kandang tidak boleh digunakan untuk tujuan penyiksaan. Juga harus diingat pemilik anjing, kandang tidak bisa menggantikan kasih sayang dan, interaksi yang diberikan sang tuan. Anjing harus tetap diberi perhatian dan kasih sayang.

Namun, tidak semua anjing bisa tinggal di kandang. Beberapa di antaranya jelas-jelas menolak. Anak anjing Pembroke Welsh misalnya, sejak awal sudah membenci kandang yang disediakan. Anakannya suka memukul dan menendang kandang sampai kakinya berdarah.

Anjing jenis ini tidak diberikan rumah berbentuk kandang. Ia lebih menyukai bentuk seperti pagar. Karena itu, belikan ia pagar khusus anak anjing.

Pagar ini bisa diletakkan di dapur. Namun, kalau mau bepergian dan membawanya, sebaiknya tetap dimasukkan dalam kandang. Bila tidak, anjing itu akan menginjak rem dan gas.

Tinggalkan komentar